MacBook Air.
CEO Apple Timothy Donald Cook dan penyanyi Lana Del Rey saat menghadiri peluncuran iPad Pro dan MacBook Air. (Foto; Twitter @timcook)

Sabigaju.com – Raksasa teknologi Apple mengumumkan model iPad Pro dan MacBook Air terbarunya dalam sebuah acara di Brooklyn, Amerika Serikat (AS), Selasa (30/10).

Apple juga memberikan pembaharuan yang telah lama ditunggu para pengguna gadget serta mendapat reaksi dari warganet.

Lini masa Twitter pun langsung dibanjiri ungkapan dari warganet yang menyambut kehadiran produk terbaru besutan Apple tersebut lewat tagar iPad Pro dan MacBook Air di Lini masa Twitter.

Lantas, apa keunggulan dari produk baru Apple tersebut?

Keunggulan iPad Pro

Saat peluncuran iPad Pro dan MacBook Air, Apple memperbarui lini iPad Pro. Sejumlah perubahan dihadirkan tablet ini.

Seperti bocoran yang selama ini beredar, iPad Pro dibuat seperti iPhone X. Tablet ini menanggalkan tombol Home yang ikonik. Untuk keamanan akses digantikan dengan Face ID.

MacBook Air
IPad Pro terbaru kini punya bodi lebih tipis. Bila generasi sebelumnya punya ketebalan 6,9 mm kini 5,9 mm, atau 15% lebih tipis.

Selain itu bezelnya dibuat lebih tipis. Karenanya iPad Pro 10,5 inch kini diperbarui dengan ukuran layar 11 inch. Sementara iPad Pro 12,9 inch hadir dengan ukuran bodi lebih kecil.

Apple mengusung layar berteknologi Liquid Retina display dengan sudut membulat. Resolusi layar tablet terbarunya 2388 x 1668 pixel dengan 3,98 juta pixel dan kepadatan 264 ppi.

Dapur pacu tablet ini memakai prosesor A12X Bionic dengan fabrikasi 7 nm. Diklaim lebih handal ketimbang A12 Bionic yang dimiliki iPhone terbaru karena punya 10 miliar transistor.

iPad Pro terbaru kini punya bodi lebih tipis. Bila generasi sebelumnya punya ketebalan 6,9 mm kini 5,9 mm, atau 15% lebih tipis. Apple juga memperbarui stylus berteknologi tingginya, Apple Pencil. Alat ini kini dapat melekat secara magnetik di tablet untuk mengisi daya tanpa kabel dan memiliki gestur sentuh untuk berpindah antara instrumen gambar digital di iPad.

Harga iPad Pro baru ini adalah US$799 (Rp 12,2 juta) untuk model 11 inci dan US$999 untuk model 12,9 inci. Kedua model ini akan bisa dipesan di AS mulai hari Selasa dan tiba tanggal 7 November.

MacBook Air Juga dirilis Apple

Selain iPad Pro, Apple juga memperkenalkan MacBook Air baru yang berukuran 13,3 inci, memiliki edge-to-edge retina display, dan Touch ID.

Hal itu memungkinkan pengguna membuka kunci laptop ini dengan menggunakan scan sidik jari. Sensornya ada di keyboard dan dapat digunakan untuk fitur Apple Pay.

MacBook Air
MacBook Air besutan Apple disertai dengan Berbagai kecanggihan yang menyertainya. (Foto Instagram)

Apple memperbarui keyboard dan track pad-nya juga dan menaikkan kualitas microphone dan speaker laptop ini. MacBook Air baru tersebut memiliki kapasitas penyimpanan 16 GB atau dua kali lipat lebih besar dibandingkan model terdahulunya.

Apple juga mengatakan bobot. MacBook Air ini lebih ringan sekitar 17% dan seluruh MacBook Air baru kini dibuat dari aluminium daur ulang.

Harga MacBook Air baru ini dimulai dari US$1.199 atau sekitar US$100 lebih murah dari harga termurah komputer MacBook namun lebih mahal dari generasi MacBook Air sebelumnya yang dijual mulai dari US$999.

Gadget ini mulai bisa dipesan hari Selasa di AS dan akan dapat diambil pada 7 November mendatang.

MacBook Air
Selain meluncurkan iPad Pro dan MacBook Air, Appl juga meluncurkan Mini Mac (Foto: Instagram)

Selain merilis MacBook Air,  Apple juga mengumumkan Mac mini baru yang merupakan update pertama dari model Mac yang berukuran lebih kecil ini dalam empat tahun terakhir.

Mac mini adalah komputer meja (dekstop) yang dihubungkan dengan layar eksternal. Gadget ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dan bekerja lima kali lebih cepat daripada model pendahulunya. (Sbg/Rig)

Comments