Sperma
(Sumber Foto: ojo.pe)

Sabigaju.com – Sebagai pria, sperma adalah salah satu bagian dari tubuh kamu yang penting banget untuk dijaga kualitas serta kuantitasnya. Selain sebagai alat reproduksi, sperma juga sering dinilai sebagai salah satu faktor kepuasan seksual pasanganmu.

Sayangnya, banyak pria yang hampir lupa bahwa sperma bisa rusak kualitasnya. Ini karena beberapa hal. Udah tau apa aja?

Rusaknya sperma, sebagian besar ternyata berawal dari kebiasaan buruk pria. Duh, makanya jangan dianggap sepele nih.

Kurang Tidur

Mulai sekarang cobalah tidur lebih awal, jangan begadang, dan usahakan kualitas tidurmu baik. Karena sebuah riset membuktikan bahwa pria yang kurang tidur akan mengakibatkan fertilitasnya berkurang.

Ketika pria kurang tidur, produksi hormon hormon mereka akan menurun. Padahal hormon ini berperan penting dalam pembentukan sperma.

BACA JUGA: Mencapai Orgasme Bukan Jaminan Pasangan Bahagia

Penggunaan Lubrikan

Penggunaan cairan lubrikasi ternyata bisa merusak sperma. Menggunakan cairan ini secara konstan akan memperlambat gerak sperma menuju sel telur. Akibatnya, pembuahan pun sulit dilakukan.

Terlalu Banyak Mengonsumsi  Daging

Sebuah riset juga mengungkap bahwa pria yang terlalu banyak makan daging, terutama daging olahan seperti bacon dan sosis, akan memproduksi sedikit sperma.

Namun jika kamu memakan banyak ikan yang mengandung omega-3 akan memproduksi banyak sperma. Tak hanya itu, kualitasnya juga terjamin, nih!

BACA JUGA: Foto Seksi Pasangan Bisa Meningkatkan Gairah Seks?

Soda

Terlalu banyak minum soda dan gula menyebabkan tubuh kamu mengalami resistensi insulin, yakni kondisi di mana tubuh kamu kesulitan menyerap glukosa. Ini bisa menyebabkan peradangan hingga spermamu takkan bisa bergerak lincah.

Kemudian, terlalu banyak minum gula juga menyebabkan kamu obesitas hingga hormon estrogen terlalu banyak diproduksi dna membuatmu tak subur.

Lantas, penumpukan lemak pada bagian paha dan selangkangan akan membuat suhu di sekitar penis meningkat dan ini tak baik bagi kualitas spermamu alias bisa merusak sperma.

BACA JUGA: Patut Dicoba! Nih Manfaat Bercinta Saat Sore Hari

Menyimpan Gadget di Saku Celana

Paparan radiasi pada ponsel bisa menyebabkan kerusakan DNA spermamu. Belum lagi suhu ponsel yang panas di dalam skrotum bisa menghambat produksi spermamu.

Tapi bukan berarti kamu tak boleh menggunakan ponsel. Hanya saja kamu disarankan untuk tidak mengantonginya sepanjang hari.

Demi kesehatan reproduksimu, alangkah baiknya kamu mengurangi kebiasaan di atas. Sepele memang, tapi jika dilakukan dalam jangka panjang kamu akan mengalami hal yang tak diinginkan terkait kesuburan. Serem, kan? (Sbg/Dinda)

Comments