Instagram menambah lagi sejumlah fitur baru untuk membuat penggunanya tak berpindah ke aplikasi lain. (Foto: Pixabay)
Instagram menambah lagi sejumlah fitur baru untuk membuat penggunanya tak berpindah ke aplikasi lain. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Instagram resmi memiliki satu miliar pengguna dari seluruh dunia, meningkat secara signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Padahal, jumlah pengguna Instagram baru mencapai 800 juta pengguna pada September 2017.

Kenaikan jumlah pengguna ini tak lepas dari diluncurkannya berbagai  fitur baru Instagram. Lewat berbagai fitur barunya, Instagram tak hanya merebut pengguna pengguna baru namun juga memanjakannya

Lantas apa saja fitur baru Instagram yang sudah dapat kamu gunakan. Berikut ulasannya yang dihimpun tim Sabigaju dari berbagai sumber

3. Topic channels di explores

Instagram juga merombak bagian pencarian atau “explore”. Dengan fitur “topic channels”, pengguna bisa lebih mudah mencari konten yang disukai yang telah dikategorikan.

Seperti konten musik, komik, travel atau lainnya yang diklaim diurutkan berdasarkan preferensi pengguna. Fitur ini kurang lebih sedikit mirip dengan fitur “discover page” di Snapchat.

Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengakses konten dari penerbit, iklan, stories dari orang-orang yang mereka ikuti meski tidak berteman.

4. Fitur Belanja di stories

Tak hanya meluncurkan hiasan sticker dan filter baru, Instagram juga memboyong fitur belanja (shopping) ke Instagram Stories awal Juni kemarin.

Di fitur ini sejumlah brand ternama  brand seperti Adidas, hingga Louis Vuitton bisa memamerkan katalog produknya dan membubuhkan stiker tas belanja (shopping bag).

Dengan mengklik Shopping Bag, pengguna bakal diberikan informasi mengenai produk yang dipilih dan bisa langsung membelinya via stories. Lagi-lagi, fitur ini mirip dengan fitur Shoppable AR di Snapchat yang dirilis April lalu.

Fitur ini memudahkan para pengiklan untuk menjual produk mereka melalui fitur “lensa” alias menu filter di Snapchat.

5. Fitur Baru Instagram: Question

Tidak hanya menduplikasi fitur Snapchat dan YouTube, Instagram juga membawa fitur utama aplikasi tanya jawab populer, ask.fm. Instagram membawa skema ask.fm ke fitur “question” yang bisa disematkan di Instagram Stories.

Selama ini, pengguna hanya bisa mengajukan pertanyaan terbuka melalui dua pilihan jawaban yang muncul di opsi sticker. Beberapa hari diluncurkan, agaknya fitur ini cukup banyak diminati pengguna Instagram.

Pengguna bisa melempar pertanyaan ke pengikutnya di kolom yang “ask me something”, lalu para pengikutnya bisa memberikan respon di kolom “type something”.

Dari segi bisnis, fitur baru Instagram ini sangat menarik untuk membaca respon dari para konsumennya.

Lewat berbagai fritur baru Instagram tersebut para pengguna tertahan dengan suguhan  yang semakin memanjakan, tanpa harus melirik aplikasi lain. (Sbg/Rig)

Comments