Instagram menambah lagi sejumlah fitur baru untuk memanjakan penggunanya. (Foto: Pixabay)
Instagram menambah lagi sejumlah fitur baru untuk memanjakan penggunanya. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Sejak bulan Juni 2018 lalu, Instagram memamerkan jumlah pengguna aktif bulanannya yang tembus 1 miliar. Pertumbuhan ini paling signifikan dibanding “saudaranya”, Facebook yang mencapai 2,2 miliar dan juga kompetitornya, Snapchat yang di periode ini mencapai 191 juta pengguna aktif bulanan.

Lebih spesifik lagi, fitur baru Instagram, yakni Instagram Stories disebut menggaet 400 juta pengguna aktif harian. Lagi-lagi, jumlah ini dua kali lipat dari pengguna Snapchat yang lebih awal memperkenalkan fitur stories.

Kini, lewat berbagai fitur barunya, Instagram tak hanya merebut pengguna Snapchat saja, namun juga mencaplok fitur-fitur Snapchat di fitur baru Instagram.

Tak hanya hanya Snapchat, beberapa fitur baru Instagram agaknya “terinspirasi” dari aplikasi lain. Sebut saja fitur IGTV yang mirip YouTube atau fitur “question” (pertanyaan) yang serupa ask.fm.

Dari pengamatan Sabigaju setidaknya ada beberapa fitur baru Instagram yang  sudah bisa kamu gunakan. Apa saja fitur -fitur baru Instagram tersebut berikut ulasannya.

1. Fitur Music Pada IG Story

Lewat update terkini ada fitur baru Instagram yang akan membiarkanmu menambahkan musik pada story.

Kamu hanya cukup mengambil gambar atau merekam video, lalu ketuk layar. Kemudian akan keluar stiker baru, “Music. Nah, fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik dalam unggahan Story mereka. Ketika stiker “Music” diketuk, maka akan muncul music library.

Pengguna dapat memilih lagu berdasarkan judul lagu, mood, populer, maupun genre. Jika tombol play diketuk, kamu akan bisa mendengarkan cuplikan lagunya.
Ketika teman melihat Story kita, mereka akan mendengar lagu sekaligus melihat foto dan video.

“Kami menambahkan lagunya setiap hari. Stiker musik kini telah tersedia di Instagram versi 51 di beberapa negara pilihan,” ungkap Instagram dalam keterangan pers.

Khusus untuk iOS, pengguna dapat menambahkan musik sebelum mengambil foto atau merekam video, dan Android akan menyusul setelahnya.

2. Fitur Baru Instagram: Video chat

Fitur baru Instagram ini sebenarnya sudah banyak diadopsi beberapa aplikasi seperti Line, WhatsApp, Face Time, Facebook dan Snapchat. Fitur baru Instagram ini dapat diakses melalui “direct message”.

Sebagai perbandingan, fitur video chat Instagram bisa menampung dua hingga empat orang termasuk si penelpon dalam satu ruang obrolan. Jumlah ini relatif kecil dibanding pesainya.

Seperti Snapchat yang bisa menampung 16 orang, hingga 32 orang yang bisa mendengarkan via audio. Face Time di iOS, bisa menampung 32 orang, sementara Facebook Messenger, bisa menampung enam orang untuk tatap muka dan 50 orang lainya sebagai pendengar.

Meski sedikit, Instagram menawarkan hal menarik di fitur ini. Saat video chat masih berlangsung, pengguna bisa memperkecil jendela video, dan lanjut meyusuri feed Instagram di beranda. (Sbg/Rig)

Comments