Laptop MacBook
(Sumber Foto: Apple)

Sabigaju.com – Menyusul regulasi baru yang dikeluarkan Lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat (AS), FAA yang melarang para penumpang membawa laptop MacBook Pro tertentu ke dalam kabin pesawat, maskapai penerbangan Garuda Indonesia kini resmi melarang laptop MacBook Pro 15 inci (Retina Display, 2015) masuk ke dalam pesawat.

Hal itu dilakukan lantaran perangkat laptop MacBook tersebut berpotensi mengancam keselamatan penumpang (mudah terbakar).

Meski dikatakan mudah meledak, melalui situs resminya, Apple mengklaim tidak semua laptop MacBook Pro 15 inci (2015) memiliki baterai yang bermasalah.

BACA JUGA: Produk Apple Banyak Bermasalah, Masih Patut Jadi Unggulan?

Cara Cek Laptop MacBook Pro

Lantas, bagaimana cara mengecek laptop MacBook Pro 15 inci (2015) kita bisa dibawa masuk ke kabin pesawat Garuda Indonesia atau tidak?

Untuk mengetahui apakah laptop MacBook Pro bisa masuk pesawat atau tidak, caranya mudah saja. Pengguna cukup mengunjungi situs Apple di tautan ini.

Di halaman yang memampang informasi program penggantian baterai tersebut, kamu bisa memasukkan nomor serial MacBook Pro milikmu. Informasi nomor serial produk dapat dilihat di berbagai menu di dalam sistem MacBook, mulai dari aplikasi iTunes dan pengaturan

“About This Mac” yang bisa diakses dari logo menu start “Apple”. Nomor serial juga dapat ditemukan di sisi bawah laptop dan di masing-masing kotak penjualan laptop tersebut.

Setelah mendapatkan nomor serial, masukkan nomor yang sudah didapat di kolom yang tersedia dan klik tombol “Submit”.

Laptop MacBook
(Sumber Foto: Apple)

BACA JUGA: Miskin Inovasi, Produk Apple Makin Tidak Diminati Orang 

Nah, jika serial number yang dimasukkan tercantum di sistem Apple sebagai perangkat dengan baterai yang bermasalah, maka Apple akan menawarkan penggantian baterai secara gratis dengan sejumlah mekanisme yang tercantum di situs itu.

Sebagaimana dilansir Sabigaju dari situs Apple Support, penggantian baterai biasanya memakan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu.

Lalu, bagaimana jika perangkat Anda tidak terdaftar? Itu artinya perangkat Anda aman dari masalah baterai. Kendati aman, MacBook Pro 15 inci (2015) milikmu juga belum bisa dipastikan akan bisa masuk pesawat.

Sebab, pihak Garuda Indonesia, misalnya, tidak menyebutkan secara spesifik apakah  MacBook Pro 15 inci (2015) yang memiliki nomor serial yang “aman” ini boleh masuk atau tidak.

Hingga artikel ini diterbitkan belum diketahui pula apakah maskapai penerbangan lain menerapkan hal serupa atau tidak. (Sbg/Rig)

Comments