Waktu Tidur
Waktu tidur masih jadi kendala bagi banyak orang ketika berpuasa. Ini karena kamu harus bangun untuk sahur di samping kamu juga harus tetap pergi bekerja di pagi hari. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Ibadah puasa tentu bukan suatu yang memberatkan untuk kamu, dong. Itu sebabnya, kamu perlu menjalankan rutinitas dengan lebih baik. Termasuk waktu tidur kamu.

Waktu tidur masih jadi kendala bagi banyak orang ketika berpuasa. Ini karena kamu harus bangun untuk sahur di samping kamu juga harus tetap pergi bekerja di pagi hari.

Belum lagi kalau kamu berniat untuk shalat tarawih di masjid, shalat malam, hingga nanti itikaf di masjid pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.

BACA JUGA: Begadang dan Kurang Tidur Berisiko Alami Serangan Jantung

Penelitian Kurangnya Waktu Tidur

Namun demikian lewat penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michael Thorpy dan Dr. Shelby Freedman Harris, kedua ahli tidur asal Amerika Serikat tersebut memaparkan, informasi soal dampak negatif kurang tidur yang selama ini kita tahu sering kali dilebih-lebihkan atau mengabaikan sejumlah penjelasan penting.

Dampak negatif tersebut tidak menyertakan faktor pemicu lain di samping kurang tidur seperti gaya hidup buruk. Jadi, tak heran ketakutan mati karena kurang tidur menjadi kekhawatiran umum banyak pasien insomnia atau mereka yang kurang tidur.

Nah, waktu tidur yang sedikit berkurang di Bulan Ramadhan ini enggak akan jadi kendala lagi kalau kamu mengikuti tips ini.

BACA JUGA: Susah Tidur Lantaran Kepanasan di Malam Hari? Ini Jawabannya! 

Kuantitas Tidur

Make sure bahwa kamu tetap mendapat waktu tidur yang sama, yakni tujuh sampai delapan jam.

Kamu bisa tidur lebih cepat dari biasanya tanpa begadang. Kemudian bangun ketika sahur mendekati imsak. Diikuti dengan tidur sebentar setelah salat subuh. Curi waktu untuk tidur siang saat bekerja jika bisa. Ini pasti sangat membantu.

BACA JUGA: Ragam Manfaat yang Kamu Dapat Bila Tidur Tanpa Bantal 

Emang sih, kamu pasti akan kehilangan waktu bersosialisasi. Tapi percayalah, kuantitas waktu tidur kamu lebih berharga untuk kesehatan selama Ramadan. Toh kamu bisa bersosialisasi kembali saat Ramadan selesai nanti.

Jangan Kebablasan

Tapi ingat, kamu jangan sampai kebablasan alias kebanyakan tidur. Misal kamu tidur di kantor sampai lupa dengan deadline. Atau keenakan tidur hingga mengorbankan waktu sahur kamu. Don’t ever!

Disiplinkan diri dengan mengatur alarm di ponsel kamu. Pastikan kamu tidak terlalu banyak tidur ya!

BACA JUGA: Sulit Tidur Karena Pikiran Penuh? Begini Cara Mengatasinya

Kualitas Tidur

Kualitas waktu tidur bisa diciptakan oleh kamu sendiri. Misal, kamu lebih nyaman tidur di suasana gelap dan sunyi.

Maka buatlah kamar gelap dan jauh dari suara riuh. Mungkin penutup mata untuk tidur bisa membantu. Jauhkan pula gadget sebelum kamu tidur.

Makan Sehat

Diet sehat juga meningkatkan kualitas waktu tidur kamu. Misal makan makanan less sugar. Ketika kamu banyak makan gula ketika buka puasa, maka tubuh akan bekerja keras mengurainya ketika tidur nanti.

BACA JUGA: Lakukan 5 Hal ini Kalau Kamu Ingin Bangun Tidur dalam Keadaan Fresh 

Hindari Makanan Ini

Kamu perlu menghindari makan pedas karena bisa meningkatkan detak jantung dan kembung.

Gorengan karena liver akan kesulitan memprosesnya. Garam karena tinggi akan sodium hingga bisa meningkatkan gejala dehidrasi. Dan tentunya kafein karena bisa mencegah kamu dari rasa kantuk.

Enggak banyak kan aturannya? Kamu cuma perlu menghindari kebiasaan di atas supaya enggak kurang tidur saat berpuasa. Kalau badan kamu fresh, ibadah kamu juga jadi lebih khusuk, kan? (Sbg/Dinda)

Comments