Aplikasi Transportasi
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Hadirnya aplikasi transportasi umum  di tengah-tengah masyarakat memang sangat membantu Berbagai kalangan masyarakat.

Aplikasi transportasi menyediakan berbagai layanan mulai dari mengantar kita ke tujuan, menolong membantu membelikan makan saat malas keluar rumah, mengantar dokumen kantor , semua itu bisa terkoordinir ke dalam satu sistem aplikasi sehingga membuat segalanya menjadi efektif dan efisien.

Nah umumnya masyarakat di Kota Jakarta hanya mengenal Aplikasi Transportasi gojek atau Grab. Padahal ada beberapa kompetitor mereka yang bisa kamu gunakan dan layak untuk di coba. Berikut ini aplikasi transportasi tersebut.

BACA JUGA: Nih! 7 Pilihan Outfit Buat Bikers Biar Gak Disangka Tukang Ojek

Bonceng

Aplikasi transportasi Bonceng ini sudah diperkenalkan pada 10 November 2019 lalu, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Seperti aplikasi ride hailing kebanyakan, Bonceng menawarkan tiga layanan yaitu Bonceng Motor, Bonceng Mobil serta Bingkis (layanan antar paket). Bedanya Bonceng katanya tidak memotong biaya order transaksi dan seluruhnya menjadi milik driver.

Aplikasi Transportasi
Foto: Instagram/bonceng.id

Bonceng juga tidak memiliki tarif per kilometer seperti aplikasi ride hailing lain. Bonceng menggunakan sistem kluster berdasarkan radius jarak perjalanan yang dikelompokkan dalam beberapa harga yang bulat, dimulai dari Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 15.000, Rp 20.000, dan seterusnya.

Hal lain yang membedakan dari aplikasi ojek lain adalah konsumen dapat pesan layanan penjemputan sesuai dengan waktu yang diinginkan sampai tujuh hari ke depan.

Contohnya, konsumen butuh untuk transportasi bepergian pukul 20.00 WIB. sebelum masuk jam tersebut konsumen sudah bisa memesan beberapa jam sebelumnya.

BACA JUGA: Kereta Sleeper, Jet Darat yang Bakal Manjakan Perjalanan Jauh Anda

Maxim

Layanan aplikasi transportasi lainnya adalah Maxim yang sudah hadir di Batam dan Balikpapan. Maxim sendiri berdiri pada tahun 2003 di Rusia.

Maxim sudah tersedia sejak Juni 2012 di Indonesia. Layanan ini memberi fasilitas untuk ojek online dan taksi online.

Aplikasi Transportasi
(Foto: Instagram maxim)

Dengan aplikasi Maxim, kamu dapat menentukan tarif sendiri serta memesan layanan secara terjadwal.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan keterangan melalui aplikasi jika membawa hewan peliharaan dan bagasi. Kamu juga diperbolehkan untuk merubah rute perjalanan.

BACA JUGA: Tren Naik Transportasi Umum, Waspada Terjangkit TBC yah

BitCar

BitCar merupakan perusahaan untuk ridesharing yang berasal dari Malaysia. Sejak awal, startup ini telah menyediakan layanan transportasi untuk kendaraan roda empat.

Aplikasi Transportasi
(Foto: Instagram bitcar)

Aplikasi BitCar sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali di Google Play Store. Namun, layanan aplikasi ini baru tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang serta Bekasi.

Dalam waktu dekat, aplikasi ini memiliki target untuk menjangkau 10 ribu mitra pengemudi dan enam provinsi di Indonesia termasuk Sumatera Utara dan Jawa Timur.

BACA JUGA: Kontroversi Transportasi Online di Mancanegara

Bussr

Bussr adalah Aplikasi transportasi ini menyediakan sarana microbus 15 kursi. SIstem yang ditawarkan Bussr cenderung mengedepankan efisiensi yang disebut point on point.

Bussr dapat menentukan titik kumpul atau pool bagi kendaraan dan penumpang dalam satu lokasi.

Aplikasi Transportasi
(Foto Instagram bussr)

Ide ini digunakan untuk mengurangi kemacetan mobil di Jakarta karena dapat mengurangi jumlah mobil pribadi yang berlalu-lalang di ibukota.

Aplikasi ini dapat dicoba untukmu yang beraktivitas di seputar Jakarta dan tidak lelah untuk menyetir sendiri kendaraannya, bahkan kamu juga dapat mengajak teman kantormu untuk pergi bersama. (Sbg/Vania)

Comments