Pensi
Sejumlah SMA di jakarta memiliki kegiatan pentas seni alias Pensi bergengsi yang mampu menyedot ribuan penonton.  Sedikitnya ada 6 Pensi paling Bergengsi yang pernah terselenggara di Jakarta(Foto: Instagram rfas_gallery)

Sabigaju.com – Pentas seni atau pensi yang merupakan sebuah ruang gerak bagi pelajar se-Indonesia untuk berkreasi dan berekspresi adalah sebuah aset kekayaan bangsa kita.

Umumnya dalam sebuah pensi terdiri dari berbagai macam pertunjukan, baik pertunjukan seni tari, seni musik, seni mural, bahkan hingga olahraga.

Tidak hanya bisa diikuti oleh siswa dari sekolah yang mengadakan, namun juga anak-anak dari sekolah lain serta dari kalangan umum juga bisa menikmati suguhan yang ditampilkan oleh bintang tamu.

Tentu, mereka harus merogoh koceh beberapa ribu dibanding siswa sekolah bersangkutan yang masuk secara gratis.

Nah, kali ini Sabigaju merangkum enam pensi bergengsi yang digelar oleh sejumlah SMA di Jakarta hingga tahun ini. Simak di bawah ini ya, Sob!

1. Pensi SMA Pangudi Luhur

Sekolah yang isinya mayoritas cowok ini memang sudah terkenal banget kegiatan pensi bergengsinya.

Pensi pertama mereka digelar pada 16-17 Oktober 1989 sukses menjadi panutan sekolah lain untuk bikin wadah kreativitas serupa.

View this post on Instagram

Ayo merapat #plproject #plfair

A post shared by Pangudi Luhur Project 2018 (@plfair) on

PL Fair makin menjadi-jadi di periode 2000-an awal. Bahkan pada medio 2006, mereka mengundang band luar negeri, yaitu Rivermaya yang saat itu sedang hits.

Pada 2016, PL Fair ganti nama jadi PL Projects. Sebagai sekolah cowok, PL Project dari masa ke masa selalu terasa banget benang merahnya, yaitu keisengan.

Di 2016 lalu mereka bikin rumah hantu, Sob! Gelaran ini juga keren banget karena di depan panggung, mereka nyiapin tikar dan bean bag supaya penonton bisa chilling sambil menikmati suguhan musik.

2. Labs Project

Salah satu pensi bergengsi dan terbesar di Jakarta, yaitu Labs Project, yang diusung oleh SMA Labschool Rawamangun.

Keunikan dari Labs Project adalah mereka selalu mengusung tema unik dalam setiap gelarannya. Nah, pada event Labs Project 2018 yang digelar belum lama ini, pihak penyelenggara mengusung tema retro dengan nama Euphorade: Euphoric Retrograde.

Tema retro yang mereka gunakan akan mengangkat suasana dari tahun 1950 sampai 1980 di mana pada saat itu sangat terkenal akan gaya pop up, dine in dengan checkered floor-nya, dan juga jukebox yang bisa mengiring kita untuk bernostalgia ke masa lalu.

3. Sky Avenue dari Labschool Kebayoran

Sekolah satu ini adalah panutan di urusan pensi. Beberapa tahun belakangan ini, event bergengsi mereka, Skyavenue selalu bikin anak-anak SMA rela nabung dikit demi beli tiketnya yang memang harganya di atas rata-rata.

Dari segi konsep, bintang tamu, dan dekorasi, Skyavenue selalu maksimal. Pada 2017 lalu, mereka menggelarnya di ICE BSD, yang seolah ingin membayar utang mereka di 2016 ketika pensi enggak berjalan sampai selesai karena Jakarta kena badai.

Yang bisa dipelajari dari temen-temen Sky Avenue adalah cara mereka mengumpulkan dan mengatur dana, kekompakan yang dibina dari angkatan ke angkatan, serta kreativitas mereka.

4. Entipro dari SMAN 6 Jakarta

Dulu, SMAN 6 nama pensinya adalah Klassix. Gelarannya selalu fenomenal. Konsep acaranya asik, pernah ngundang Brian McKnight, dan pernah juga jebol saking banyaknya massa yang pengen nonton.

Pensi Bergengsi
Pensi Bergengsi SMA 6 Entipro (Foto: Instagram entipro6

Event anak-anak SMAN 6 pun berganti menjadi Mahakam Festival, dan yang paling bikin penasaran adalah pesta internal mereka.

Ingat nggak sih kalian dengan pensi bergengsi mereka Mahakam Festival yang mengguncang Tennis Indoor Senayan 2015 lalu? Sheila On 7, Princess Joana, Payung Teduh, dan Gugun Blues Shelter membuat acara yang dibuat oleh anak-anak keren SMAN 6 Jakarta berjalan meriah, sukses, dan tuai pujian.

Kini pensi bergengsi SMAN 6 Jakarta sekarang bernama Enam Festival Project atau Entipro. Pada even Entipro 2017 lalu diisi oleh 3 alumni keren SMAN 6 yakni Asteriska dari Barasuara, Bams, dan Kresna Julio.

5. SMA Tarakanita

Sekolah dengan mayoritas siswi cewek ini dari dulu  tiap kali bikin pensi pasti bergengsi. Setiap event pensi selalu digelar dengan nama berbeda.

Pensi Bergengsi
Poster jkegiatan Pensi SMA Tarakanita

Salah satu event pensi begengsi paling keren pernah terjadi pada tahun 2006 silam. Dengan mengambil tema Madagastar, mereka sampe mendadani beberapa panitianya dengan kostum binatang.

Kalau dari segi bintang tamu, nggak usah diragukan lagi. Mereka juga pernah mengundang musisi dari luar negeri, bro, yaitu Too Phat dan Bamboo (Filipina).

Sekarang, event mereka memang cuma bisa digelar di dalam sekolah. Tapi, mereka tetap keren kalau bikin sebuah suguhan hingga kini.

6. SMAN 70

SMAN 70 pernah membuat geger semua SMA se-Jakarta lantaran membuat pensi bergengsi dengan ajang gelaran Bulungan Cup, yakni kejuaraan olahraga tingkat remaja bikinan anak sekolah yang paling bergengsi di Indonesia.

View this post on Instagram

Opening Act for Bulungan Cup 14 #smu70

A post shared by Canari Arifin (@canariarifin) on

Sekolah yang terletak di jalan Bulungan, Jakarta Selatan ini bener-bener melibatkan sekolah dari berbagai daerah untuk datang dan ikut kompetisi pada tahun 2013. Bulungan Cup sendiri mengadakan kompetisi untuk 22 cabang olahraga.

Selain olahraga mainstream kayak sepak bola, basket, dan softball, Bulcup juga memperlombakan Biliard, Tinju, robotik, wall climbing dan fashion show.

Hingga kini, banyak kalangan yang berharap agar event Bulungan Cup bisa digelar kembali. (Sbg/Rig)

Comments