Sabigaju – Salah satu kunci untuk hidup sehat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Aktivitas fisik ini sangat penting dimulai saat orang berusia 20-an.

Hal tersebut diungkap lewat sebuah studi  yang dilakukan JAMA Internal Medicine pun mengungkap latihan kardio bagus untuk mereka. Para partisipan yang lari paling tidak 10 menit dalam tes memiliki risiko kematian 50% lebih rendah setelah diuji beberapa tahun setelahnya.

Buat Kamu yang kini sudah berusia 20-an, berikut adalah beberapa jenis olahraga kekinian yang cocok untuk kamu lakukan yang dihimpun Sabigaju dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

1. Squash

Tidak semua olahraga harus dilakukan di luar ruang alias outdoor. sebut saja olahraga Squash yang kini kian digemari.

Berusia 20-an
(Foto: Instagram motorcityopen)

Dimana kamu bisa bermain seperti bermain tennis tapi di dalam ruangan. Yang kamu lawan bukanlah orang tapi melainkan tembok yang akan memantulkan bola yang kamu pukul.

Olahraga ini memberikan kamu kemudahan dari segi ruang dan waktu. Kamu gak perlu takut gak bisa olahraga karena sedang hujan. Kamu juga bisa tetap eksis saat kamu berada di dalam ruangan ini.

2. Yoga

Di usia 20-an biasanya kita sudah akan dihadapkan pada dunia kerja dengan tingkat stres yang cukup tinggi.

Berusia 20-an
(Foto:Unsplash)

Dan salah satu cara efektif untuk meredakan stres atau mengurangi stres adalah dengan yoga. Penelitian menyebutkan bahwa yoga bisa bantu meredakan stres yang dialami tubuh dan juga bisa bantu menjaga kadar kortisol juga tekanan darah.

Selain itu, yoga juga baik untuk menjaga kesehatan dan membakar lemak tubuh, terutama bila dilakukan empat kali seminggu.

3. Latihan Kekuatan Cocok untuk Kamu yang Berusia 20-an

Strength training atau yang disebut sebagai latihan kekuatan ini bagus dilakukan oleh kamu yang kini berusia 20-an.

Berusia 20-an
(Foto Instagram travisharrison81)

Olahraga ini  akan membantu tubuh dan otot jadi lebih kuat. Olahraga ini tak hanya membentuk otot, namun juga membakar 25 persen kalori tambahan. Membentuk otot membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Lari

Olahraga lari sangat dianjurkan buat kamu yang kini berusia 20-an.  Olahraga ini paling murah dan mudah untuk dilakukan. serta tidak memerlukan biaya yang mahal.

Berusia 20-an
( Foto: Usplash)

Manfaat jogging yang bisa kamu rasakan adalah membuat jantung menjadi lebih sehat, mengencangkan otot kaki, paha, punggung serta membakar lemak dan menstabilkan berat badan.

Olahraga lari juga mampu membantumu mengurangi stress dan memperbaiki kehidupan menjadi lebih baik. Agar seru, ajaklah sahabat atau keluarga untuk lari bersama.

Pastikan Anda menggunakan sepatu yang tepat saat melakukan aktivitas fisik tersebut.

5. Berenang

Berusia 20-an
(Foto: Unsplash)

Berenang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot dan melatih tulang.

Di saat kamu berusia 20-an, otot dan tulang masih kuat. Tulang yang terbentuk dengan baik di saat muda akan mempengaruhi kekuatan dan kepadatan tulang di usia lanjut.

Nah itu tadi beberapa olahraga yang cocok dilakukan buat kamu yang berusia 20-an . Selamat mencoba dan salam olahraga. (Sbg/Rig)

Comments