Ngumpul Sama Teman
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Saat Social distancing diberlakukan oleh pemerintah, ternyata masih banyak nih cowok yang ngumpul sama teman dirumah ataupun berkunjung ke rumah teman.

Salah satu alasan mengapa kita ingin ngumpul sama teman biasanya lantaran rasa bosan, kesepian di rumah ataupun stres dengan berita pandemi virus corona yang terus menelan korban jiwa.

Yup, kitapun banyak yang beranggapan kalau ngumpul sama teman bisa menyenangkan perasaan kita.

Padahal, ngumpul sama teman adalah ide buruk untuk dilakukan saat masa social distancing tengah berlangsung. Simak ulasannya yah!

BACA JUGA: Wabah Corona Ubah Kebiasaan Masyarakat dan Gaya Hidup

Bahaya Ngumpul Sama Teman di Tengah Pandemi COVID-19

Menurut Pakar kesehatan, Jagdish Khubchandani, seorang profesor ilmu kesehatan di Ball State University, tinggal di rumah dan tidak mengunjungi teman adalah hal yang perlu dilakukan selama masa social distancing berlangsung.

“Kita bermain dengan api jika mengunjungi teman. Pada titik ini, kita harus bertindak seolah semua orang terinfeksi. Kita bisa menjadi risiko bagi diri kita, keluarga kita, teman-teman kita, dan seluruh komunitas.” Katanya

Khubchandani merujuk pada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tidak bergejala adalah justru yang paling banyak menyebarkan Covid-19. Banyak kasus, kata dia, yang relatif ringan sehingga kita mungkin tidak menyadari kita telah terinfeksi.

BACA JUGA: Efektifkah Social Distancing dalam Upaya Pencegahan Corona?

Bahkan, orang yang terinfeksi bisa jadi baru menunjukkan gejala setelah berminggu-minggu kemudian. Itulah mengapa sangat penting membuat lingkaran sosial kita sekecil mungkin dan menjadi “anti-sosial” saat ini.

“Satu-satunya orang yang harus kita temui adalah mereka yang tidak dapat kita hindari, mereka yang hidup dengan kita seperti pasangan dan keluarga inti,” papar Khubchandani.

“Bahkan dalam kasus-kasus itu, perlu semua tindakan pencegahan, kebersihan, dan jarak sebanyak mungkin,” tegasnya.

BACA JUGA: Aktif Bergaul itu Keren, Tapi Boros dan Bikin Mudah Berhutang

Ibarat Permainan Bola Biliar

Pandangan senada juga datang dari pakar kesehatan dari Bryant University, Kirsten Hokeness, melihat aktivitas ngumpul sama teman kita, dunia nyata saat ini adalah seperti bermain biliar. Dan virus corona adalah cue ball.

“Jika bola putih adalah virus, dan kita memiliki meja penuh bola untuk ditargetkan, maka ‘virus’ memiliki banyak pilihan,” katanya.

“Teman kita, orang yang tinggal bersama teman kita, termasuk siapa saja yang berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, akan lebih rentan,” tegasnya

“Semakin cepat kita dapat mengarantina dan mencegah virus memiliki inang berikutnya untuk menyebar, semakin cepat kita mendapatkan kembali hidup yang normal,” kata Hokeness.

So, sebaiknya nggak usah ngumpul sama teman dulu deh  di tengah Pandemi COVID-19 saat ini, baik itu hajatan, kenduri, maupun reuni. (Sbg/Rig)

Comments