Perusahaan mobil Tesla kembali membuat gebrakan dengan memperkenalkan fitur baru pada mobil Model 3 sebuah Fitur bernama Summon ini memungkinkan mobil untuk parkir secara otomatis. (Foto: Instagram teslamotors)
Perusahaan mobil Tesla kembali membuat gebrakan dengan memperkenalkan fitur baru pada mobil Model 3 sebuah Fitur bernama “Summon” ini memungkinkan mobil untuk parkir secara otomatis. (Foto: Instagram teslamotors)

Sabigaju.com – Perusahaan mobil listrik Tesla Motors yang dipimpin Elon Musk kembali membuat gebrakan yang membuat begitu banyak orang tercengang.

Belum lama ini perusahaan mobil listrik tersebut memperkenalkan fitur baru pada mobil Model 3 bernama “Summon” yang memungkinkan mobil tersebut untuk parkir secara otomatis.

“Summon” adalah bagian dari pembaruan perangkat lunak over-the-air untuk Model 3 Tesla. Fitur ini sebelumnya telah tersedia di seri Model S dan Model X.

Makna harfiah dari kata “Summon” sendiri berarti “memanggil”. Ya, melalui update terbaru ini, pemilik Model S maupun Model X bisa memanggil mobil keluar dari dalam garasi dengan sendirinya.

Para pemilik mobil Tesla hanyalah perlu mengakses aplikasi Tesla via smartphone mereka, lalu menunggunya dari luar garasi.

Begitupun saat pulang dari tempat kerja, kamu tinggal menempatkan Model S atau Model X di depan garasi, dan mobil tersebut akan ‘mengurus’ dirinya sendiri. Mulai dari membuka pintu garasi, masuk ke dalam lalu mematikan mesinnya tanpa menunggu instruksi lebih lanjut.

Jadi Bikin Mobil Tesla Gampang Parkir

Tesla mengkonfirmasi berita ini lewat cuitan di Twitter, menanggapi sebuah video yang menunjukkan Model 3 melakukan manuver sendiri ke garasi yang sempit. CEO Tesla, Elon Musk menjawab cuitan itu dengan mengatakan,

“Tidak ada seorang pun di dalam mobil atau mengendalikan jarak jauh. Mobil mengemudi sepenuhnya dengan sendirinya,” tulis Elon Musk di akun Twitternya.

Untuk mengunakan Summon, mobil Tesla harus memiliki Autopilot, sistem driver-assistance milik Tesla dan perangkat keras yang diperlukan agar “Summon” dapat berfungsi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda cukup menekan sebuah tombol, dan mobil Tesla akan dapat masuk atau keluar dari garasi dengan sendirinya. Ia juga dapat memarkir dirinya sendiri. Satu hal yang harus diingat adalah ia hanya dapat memarkir di tempat yang datar.

Fitur “Summon” sendiri sebenarnya masih berada dalam versi beta atau percobaan. Selain fitur “Summon”, mobil Tesla juga memberikan sedikit update pada fitur Autosteer miliknya. Kini, fitur ini hanya dapat digunakan di jalan perumahan dan jalan tanpa pembatas jalan di bagian tengah.

Kini sepertinya kita tinggal menunggu saja apakah nantinya berbagai pembaruan yang dilakukan bakal memungkinkan pemilik mobil Tesla mengendalikan mobil tanpa seorang pun berada di dalamnya. (Sbg/Rig)

Comments