Menonton Film bisa melatih kekuatan mental
(Foto: (Freepik.com)

Sabigaju.com – Menonton Film merupakan salah satu aktivitas yang kini sering diiakukan banyak orang untuk mendapatkan hiburan di masa pandemi yang belum juga menunjukan tanda-tanda mereda.

Selain sebagai sarana hiburan, enonton film bisa digunakan sebagai sarana pengusir stres yang melanda karena pekerjaan sehari-hari. Entah itu menonton film bersama teman-teman di bioskop atau menonton film sendiri di rumah.

Apapun genre-nya dan selama bisa menikmatinya, film dapat menjadi pengusir stres dan menyegarkan pikiran

Nah kamu harus tahu nih menonton film ternyata dapat meningkatkan ketahanan mental selama pandemi ini. Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Menonton Film Sebagai Terapi Stres Saat Pandemi

Mental Jadi Kuat

Menurut sebuah penelitian baru, yang melihat bagaimana penonton mendapatkan keuntungan praktis dan kekuatan mental dari film favorit mereka.

Para peneliti mengatakan, bahwa film dan bahkan buku dapat membantu menavigasi situasi dunia nyata melalui fiksi.

Narasi imajiner membimbing orang dalam merencanakan tindakan mereka atau bagaimana mereka akan bereaksi dalam situasi berbahaya.

“Jika itu film yang bagus, itu akan menarik kamu masuk ke dalam dan mengambil perspektif karakter, sehingga secara tidak langsung kamu berlatih skenario,” kata Coltan Scrivner, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam keingintahuan yang tidak wajar di University of Chicago.

“Kami pikir orang belajar dengan perubahan. Seperti, ketika kekurangan kertas toilet, mereka cukup tahu apa yang harus dibeli, ” tambah Scrivner.

BACA JUGA: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Menonton Film Horor Menyehatkan Tubuh Kita

Jenis Film yang dapat Meningkatkan Kekuatan Mental di Saat Pandemi

Studi baru, yang diterbitkan di PsyArXiv, mengeksplorasi bagaimana menonton film bergenre appocalyptic alias bencana membantu orang-orang ketika dunia menghadapi krisis kesehatan yang nyata.

Para peneliti mengumpulkan 310 peserta untuk menonton film yang relevan dengan pandemi dan merinci kesiapan mereka untuk tantangan kehidupan nyata.

Tim peneliti juga bertanya tentang tingkat kecemasan, depresi, lekas marah atau sulit tidur. Hasilnya menunjukkan, orang-orang yang menikmati film horor memiliki ketahanan mental yang lebih besar selama pandemi, sementara mereka yang sering menonton genre “prepper”, seperti invasi alien dan zombie, menunjukkan ketahanan dan kesiapan yang lebih besar.

Film-film tersebut memberikan manfaat yang sama, bahkan setelah para peneliti mempertimbangkan usia, jenis kelamin, afinitas terhadap, film dan sifat-sifat kepribadian lainnya.

Peserta yang menonton lebih banyak peristiwa imajiner yang menakutkan, muncul lebih baik dalam menghadapi pandemi virus corona.

BACA JUGA: Menonton Film Horor Ternyata Bisa Bikin Kamu Langsing

Pencinta film horor atau appocalyptic mendapatkan manfaatnya dengan baik, meskipun ancaman Covid-19 hingga saat ini masih berpotensi lebih buruk, karena mereka menyerap informasi tentang bagaimana karakter bertindak dalam situasi yang sama.

Sebuah film dapat memberi orang gagasan tentang konflik sosial macam apa yang mungkin terjadi di tengah kekacauan, lembaga mana yang bisa dipercaya, dan seperti apa dunia jika orang bertindak egois atau kooperatif.

” Dengan menonton film seseorang  dapat engumpulkan informasi mengenai fenomena berbahaya, dan mungkin memperoleh banyak pengetahuan serta strategi yang bisa berguna untuk mengatasi sejumlah situasi berbahaya di kehidupan nyata,”  sebut peneliti. (Sbg/Rig)

Comments