selain bermain kita juga bisa belajar banyak hal dari anak
(Foto: freepik.com)

Sabigaju.com – Waktu bersama keluarga atau family time secara berkala dengan keluarga bersama anak dapat berdampak besar. Tak hanya secara psikologis, tapi juga pada kepribadian dari anak hingga kemampuan intelektual mereka.

Alasan lainnya mengapa Family time itu penting yaitu kamu tidak hanya mengajarinya berbagai hal tapi kamu juga bisa belajar dari anak.

Sebab pada kenyataan a belajar dari anak dapat memberikan motivasi yang tinggi kepada orang dewasa yang ingin mengejar cita-cita. Simak deh ulasaanya berikut ini:

BACA JUGA: Waspada Yuk Dampak Buruk Sosok Superhero Terhadap Anak

1. Mengeksplorasi

Terkadang ada hal menjengkelkan dari anak-anak yakni sering bertanya tentang banyak hal. Misalnya Mengapa air laut asin, mengapa bisa hujan, darimana saya lahir dan sebagainya. Hal itu membuat kita sebagai orang tua kadang pusing menjawabnya.

Hal ini sebenarnya patut ditiru orang dewasa dalam artian jangan coba berhenti mengekplorasi sesuatu yang baru, ingin tahu lebih banyak untuk hal yang belum anda kuasai.

Rasa ingin tahu ini merupakan sifat alami manusia, namun setelah dewasa kemampuan ini hilang begitu saja karena tidak pernah di lath lagi.

Berhenti mengeksplorasi sesuatu akan membuatmu membatasi potensi diri sendiri. Keingintahuan yang tinggi akan membuat anda mengetahui banyak hal yang mungkin saja nanti akan berguna di kehidupan dan pekerjaanmu.

2. Jangan Pernah Takut Salah.

Mungkin kamu sering memperhatikan seorang anak kecil sedang mengikat tali sepatu. Pada saat mereka gagal pada percobaan pertama mereka akan terus mencoba sampai bisa.

Mengapa mereka bisa lakukan itu. Karena anak kecil tidak tahu namanya apa itu kegagalan, yang mereka tau adalah apa yang mereka inginkan untuk bisa.

Seandainya semua orang dewasa punya hal seperti ini dalam kehidupan mereka maka kemungkinan mereka untuk sukses dalam kehidupannya semakin besar. Mareka tidak tahu namanya kegagalan.  Mereka terus mencoba sampai benar-benar bisa.

BACA JUGA: Jadilah Orangtua yang Santai Agar Hidup Anak Bahagia

3. Berani

Banyak orangtua yang sering khawatir saat mengajak anakmereka bermain ke taman lantaran mereka bakal berlari kesana kesini dengan sangat kencang, tanpa sedikit pun takut akan tertabrak atau terpleset.

Belum lagi kalau dia ingin untuk memanjat sesuatu pun sangat tinggi tanpa pernah berpikir apakah nanti dia bisa turun lagi apa tidak.

Perilaku inilah yang harus kamu pelajari dari si anak. Mereka adalah pemberani. Kita sebagai orang dewasa harus mencoba belajar akan perilaku ini.

Jangan takut mencoba untuk sesuatu hal yang belum terjadi, lakukan saja dulu baru yang lainnya belakangan. Banyak orang dewasa tidak sukses karena terlalu takut untuk memulai.

BACA JUGA: Belajar Coding untuk Anak, Sudah Jadi Kebutuhan Mutlak

4. Punya Mimpi Besar

Seorang anak kecil tidak peduli bagaimana orang lain akan memandang mereka, impian mereka sangatlah besar bahkan terdenar muluk.

Tapi dibalik itu semua hal ini membuat mereka bersemangat menjalani hari-harinya, karena motivasi besar mereka dalam hidup.

Kita sebagai orang dewasa harus belajar hal ini dari anak kecil. Banyak orang dewasa enggan berimpi besar,karena merek takut menjadi bahan celaan orang pada saat mereka tidak berhasil mewujudkannya.

Padahal kalau kamu Tidak mempunyai impian besar hal itu bisa membuatmu kehilangan motivasi hidup yang besar pula.

Dan jika tujuan hidupmu hanya untuk bekerja mencukupi kebutuhan hidup secukupnya, berarti kamu sudah membatasi kehidupan yang menjemukandan tidak berkembang.

Nah semoga informasi ini bisa membuka wawasanmu akan pentingnya kita belajar dari anak kecil. (Sbg/Rig)

Comments