Jepang
(Sumber: Public Domain MaxPixel)

Sabigaju.com – Jepang adalah negara asia yang banyak membuat dunia terkejut dengan temuan-temuan kecil hingga besar. Masyarakat Jepang di kenal dengan kepintaran nya dalam menciptakan suatu barang.

Berbagai produk canggih yang dihasilkan oleh bukanlah produk abal-abal yang gampang rusak melainkan sangat canggih dan kekinian yang membuatmu merasa sudah berada di masa depan.

Misalnya saja nih, Jepang menjadi yang terdepan saat ini dalam menciptakan robot. Bagaimana tidak, robot yang telah diciptakan oleh Jepang sangat lah bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Tidak hanya kecanggihan teknologi, masyarakat Jepang Ternyata, juga punya teknik mengatur uang, lho. Teknik bernama kakeibo ini pada dasarnya adalah mencatat setiap detail pengeluaran kamu dan sudah ada sejak awal tahun 1900-an.

Seperti apa teknik mengatur ala masyarakat jepang ini berikut ulasannya

BACA JUGA: Tips Mengatur Keuangan untuk Para Pria Single

Atur Keuangan Lewat  Empat Hal Penting

Kakeibo adalah jurnal anggaran yang biasa dibuat orang Jepang. Kebiasaan ini ditemukan oleh Hani Motoko, seorang jurnalis Jepang pada tahun 1904.

Kini, konsep kakeibo dipopulerkan kembali oleh penulis Fumiko Chiba yang merilis buku kakeibo berbahasa Inggris yang diberi judul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money

Konsep kakeibo cukup sederhana. Setiap awal bulan, periksa berapa banyak uang yang sebenarnya Anda miliki. Lihatlah apa yang Anda dapatkan, dari gaji tetap, bonus, atau penghasilan tambahan lain.

Tugas selanjutnya adalah merencanakan dengan tepat berapa banyak uang yang akan dibelanjakan, berapa banyak yang akan ditabung, dan tuliskan apa yang perlu dilakukan untuk memastikan kamu berkomitmen penuh pada rencana tersebut.

Setelah itu, pisahkan uang ke dalam empat kategori, yaitu:

  • Kelangsungan hidup, yaitu makanan, keperluan rumah tangga, transportasi, sewa tempat tinggal, dan kesehatan.
  • Opsional, termasuk makan di luar, pakaian, dan pembelian barang-barang hobi atau koleksi.
  • Hiburan seperti membeli buku, menonton konser, atau menonton film.
  • Biaya tambahan, yaitu biaya tak terduga, membeli hadiah, atau biaya perbaikan rumah.

BACA JUGA: Berikut Cara Mudah Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil 

Kakeibo Bikin Untung 35 Persen

Tip untuk mencoba kakeibo adalah lebih baik menggunakan uang tunai dibanding kartu. Menurut Fumiko, penggunaan kartu membuat kita kurang bertanggung jawab atas pengeluaran. Sementara membayar dengan uang tunai bisa membuat Anda berpikir dua kali.

Ini juga bisa menjadi latihan bagi diri sendiri untuk memahami konsep “keharusan” dan “keinginan”. Anda akan tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan dan apa saja yang sebenarnya bisa dihilangkan.

BACA JUGA: Sederet Kegiatan Fun dan Romantis Bersama Pasangan di Saat Bokek 

Namun, jangan merasa cara ini akan membuat Anda tidak bisa menikmati hasil kerja kerasmu. Belanja pakaian, sepatu, atau makan di restoran favorit tetap bisa dijadwalkan.

Menjalani kakeibo mungkin terlihat sederhana, tetapi, konsep ini dapat membuat Anda menyimpan uang hingga 35 persen.

Tak hanya itu, Anda juga akan lebih berpikir dan membantu mencapai tujuan besar, seperti liburan ke luar negeri, membeli mobil baru, melunasi utang, atau membeli rumah.

Nah, kamu berani mencoba  cara mengelola uang ala masyarakat Jepang ini gag?

Comments