Tidur di Lantai
Tidur di lantai menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang yang ingin merasakan kenyamanan ataupun sekedar kesejukan pada siang hari.(Sumber Foto: thesleepjudge.com)

Sabigaju.com – Disaat udara tengah terik, banyak orang yang menjalankan ibadah puasa memilih merebahkan tubuhnya untuk sejenak tidur di lantai baik di rumah ataupun di masjid.

Tidur di lantai menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang yang ingin merasakan kenyamanan ataupun sekedar kesejukan pada siang hari.

Lantas apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapat kalau kamu melakukan  tidur di lantai. Simak ulasannya yuk!

BACA JUGA: Nih, Biar Kamu Enggak Kurang Waktu Tidur saat Berpuasa

Penelitian Soal Tidur di Lantai

Umumnya, orang biasanya berpikir bahwa memiliki kasur yang nyaman dan lembut adalah cara terbaik untuk mendukung tulang belakang. Namun, ternyata hal itu tidak selalu tepat.

Tidur di ubin sangat aman untuk orang sehat. Namun, jika kamu menderita kondisi kesehatan, yang mengharuskan kamu tidur di tempat tidur khusus atau jika kamu tinggal di hunian dengan lantai beton, maka hal ini tidak praktis untuk kamu lakukan.

Nah salah satu manfaat dari tidur di lantai seperti yang dilakukan orang Jepang ternyata bisa membantumu mengatasi sakit punggung, karena memberikan dukungan bagi tulang belakang dan membantu dalam menjaga punggung lurus saat berbaring.

BACA JUGA: Ragam Manfaat yang Kamu Dapat Bila Tidur Tanpa Bantal

Orang-orang yang telah mencoba tidur di lantai mengatakan mereka jauh lebih baik daripada sebelumnya setelah bangun tidur.

Ternyata, berbaring telentang dengan alas yang lebih lembut daripada lantai tanpa bantal adalah cara yang ideal untuk tidur.

Dengan cara ini tulang belakang akan tetap berada di posisi paling netral saat tidur.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan tidur di lantai. Usahakan memakai alas, seperti matras.

Lantai dengan karpet lebih baik daripada lantai ubin atau kayu. Pastikan lantai bersih dan ruangan tidak sempit. Posisi tidur telentang akan memberikan hasil yang maksimal.

BACA JUGA: Manfaat Saat Kamu Tidur Tanpa Busana

Bermanfaat Buat Kesehatan Mental

Keuntungan lain yang bisa kamu dapat jika sesekali tidur di lantai akan membantu menyelaraskan kepala, leher, tulang belakang, pinggul, dan seluruh tubuh.

Dan bila hal ini kamu lakukan setidaknya 3 malam berturut-turut dalam sepekan bisa membantu mengurangi rasa sakit pada bagian kepala, leher, tulang belakang, dan pinggul.

Sejumlah ahli menyatakan bahwa cara ini akan mengurangi gangguan tidur ini. dan pastinya saat kamu tidur di lantai, tubuh benar-benar bisa bersantai. Selain itu hal ini juga ampuh untuk menghilangkan stres. Dan tentunya merupakan hal baik untuk kesehatan mental. (Sbg/Rig)

Comments