Beranda Lifestyle TRAVELING Ngebet Liburan? Pantai Ujung Genteng Bisa Jadi Jawabannya!

Ngebet Liburan? Pantai Ujung Genteng Bisa Jadi Jawabannya!

5 menit baca
0
0
43
Seorang wisatawan tengah menikmati pesona sunset di pantai Ujung genteng, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Instagram ibaydani)
Seorang wisatawan tengah menikmati pesona sunset di pantai Ujung genteng, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Instagram ibaydani)

Sabigaju.com – Jika Anda yang masih berada di Jakarta dan bingung memilih lokasi liburan, Sukabumi bisa jadi wilayah pilihan. Bagi kamu penggemar wisata pantai Ujung Genteng merupakan salah satu tempat destinasi short trip yang patut kamu kunjungi.

Dari Jakarta-Sukabumi, di akhir pekan rata-rata menghabiskan waktu delapan hingga sembilan jam menempuh  jarak  230 kilometer dengan rute Jakarta-Bogor-Ciawi-Cianjur-Sukabumi. Paling baik, waktu berangkat pagi hari, agar sampai di sana, sore atau sebelum menjelang malam.

Jalan menuju ke sana, sebenarnya relatif bagus, beraspal mulus. Hanya, jalur di pegunungan, yang menanjak, menurun dan berkelok tajam membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Tak boleh lengah, apalagi mengantuk.

Keindahan Penuh Pesona

Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pengalaman yang mengesankan berwisata ke Pantai Ujung Genteng. Karena untuk menuju ke pantai ini Anda akan melintasi jalan pegunungan yang berkelok-kelok dengan pemandangan alam nan hijau di kanan kiri jalan. Sungguh menarik

Perjalanan panjang mencapai Ujung Genteng, akan terbalas dengan keindahan wisata alam yang cukup terjaga.

Seorang Wisatawan tengah menikmati Suasana di Pantai Ujung Genteng. (Foto: Instagram wijayadinatakusumah92)
Seorang Wisatawan tengah menikmati Suasana di Pantai Ujung Genteng. (Foto: Instagram wijayadinatakusumah92)

Sebenarnya Pantai Ujung Genteng mirip dengan pantai-pantai lain yang terbentang di pantai selatan Pulau Jawa, tapi kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika menikmati indah pantai menghampar dengan pasir putihnya.

Berada di Desa gunung Batu, Sukabumi, Pantai Ujung Genteng memiliki pasir putih yang halus dan air laut berwarna biru. Ombak di pantai ini tergolong cukup besar, sehingga berhati-hatilah jika kamu ingin bermain air.

Nama Ujung Genteng ini sebenernya merupakan perubahan ejaan dari nama ujung gunting, Dinamakan demikian karena daerah ini ada di satu sudut ujung pulau Jawa bagian barat yang bentuknya mirip seperti gunting.

(Foto: Instagram toufiq96)

Pemandangan dari tepi pantai begitu menakjubkan dan sangat cocok untuk dijadikan latar foto bersama orang-orang tersayang. Turis mancanegara pun sering terlihat mampir ke pantai ini untuk menikmati ombak dan pemandangan indahnya.

Tak usah khawatir dengan penginapan, karena hampir semua warga di tepi pantai menyewakan rumah dan penginapan dengan berbagai jenis.

Ada rumah sederhana milik warga, ada pula villa dan penginapan sekelas hotel berbintang. Anda tinggal mencocokkan dengan kantong dan selera. Jika Anda berjiwa petualang, tak sedikit pengunjung membawa tenda dan bermalam di tepi pantai.

Penangkaran Penyu

Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai eksosis. Destinasinya sekaligus dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu hijau. Sudah sejak lama Pantai Ujung Genteng dikenal sebagai tempat pendaratan bagi penyu-penyu hijau untuk bertelur.

Tempat penangkaran penyu berfungsi untuk menampung telur-telur penyu. Biasanya di bulan tertentu penyu akan datang ke pesisir pantai untuk bertelur dan kemudian kembali lagi ke habitat asalnya yaitu lautan. Maka dari itu diperlukan tempat penangkaran untuk menyelamatkan telur-telur tersebut.

Selain memiliki pesona keindahan, di Pantai Ujung Menteng, Sukabumi juga terdapat penangkaran penyu hijau (Foto: Instagram)
Selain memiliki pesona keindahan, di Pantai Ujung Menteng, Sukabumi juga terdapat penangkaran penyu hijau (Foto: Instagram)

Namun, tidak hanya pelestarian penyu. Hal lain yang juga tengah dilestarikan di Ujung Genteng adalah terumbu karang. Pelestarian terumbu karang di Ujung Genteng sangat penting untuk mendukung keberlanjutan kehidupan penyu hijau. Penyu hijau sangat dijaga kelestariannya, karena bisa menjaga ekosistem di laut.

Wisatawan dapat berkontribusi untuk pelestarian terumbu karang hanya dengan Rp20.000 untuk substrat buatan. Bibit terumbu karang nantinya diikat pada substrat, sebelum kemudian disimpan di laut yang kawasannya sudah dipersiapkan secara khusus.

Gimana? Kamu tertarik untuk mendarat di Pantai Ujung Genteng? (Sbg/Rig)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak rigo
Tampilkan Lebih Banyak Dalam TRAVELING
Komentar ditutup

Lihat juga

Menikmati Lubang Misteri dan Jacuzzi di Reach Falls Jamaika

Sabigaju.com – Jamaika rupanya tak hanya populer dengan musik reggae-nya, dan negara…