Resepsi Pernikahan ala-ala diprediksi bakal ditinggal banyak pasangan yang akan menikah di era new normal
(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Salah satu hal yang terdampak Pandemi virus corona adalah berubahnya pola resepsi pernikahan. Jika sebelum pandemi resepsi pernikahan banyak digelar dengan megah. kini hal itu mungkin tak bisa terjadi lagi dalam beberapa waktu kedepan hingga wabah corona ini berakhir.

Kebijakan jaga jarak dan berbagai protokol kesehatan pun kini wajib diterapkan saat hendak menggelar resepsi pernikahan.

Tidak jelas kapan virus corona akan berakhir. Dan berikut berbagai hal yang berubah ataupun hilang dalam momen resepsi pernikahan.

BACA JUGA: Menikah Tanpa Resepsi Saat Pandemi tu Good For Mental

1. Tren Resepsi Sederhana

Tren resepsi pernikahan yang lebih kecil dan sederhana dan lebih personal diprediksi bakal menjamur di era new normal.

Pandemi virus corona menghadirkan tren pernikahan yang lebih kecil, lebih intim yang berpusat di sekitar pasangan dan orang-orang terdekat mereka

Menghilangkan resepsi pernikahan ala-ala yang mengundang banyak orang dan penuh sensasi adalah yang terbaik dari sudut pandang kesehatan masyarakat.

2. Masker dan Face Shield

Saat ijab qabul, penghulu diminta untuk menggunakan masker dan sarung tangan. Manten pria pun menggunakan sarung tangan saat bersaksi di depan penghulu dan saksi pernikahan.

Menggelar resepsi pernikahan di era new normal bukan berarti kamu tampil lepas sembari menampilkan raut kebahagiaan sambil melemparkan senyum kepada para tamu yang datang ataupun bebas cipika cipiki.

Jika kamu tamu ataupun mungkin menjadi pengantin kamu wajib mengenakan masker ataupun face shield hingga sarung tangan.

3. Banyak Aturan Buat Tamu Undangan

Umumnya masyarakat di Indonesia menggelar akad dan resepsi pernikahan dalam satu hari. Nah, belum lama ini lama Kementerian Agama RI mengeluarkan keputusan, akad nikah yang dilakukan di rumah ibadah saat new normal tidak boleh dihadari lebih dari 30 orang.

Selain itu, aturan lainnya adalah memastikan semua yang hadir dalam keadaan sehat. Dan sebelum tamu memasuki area akad ataupun resepsi pernikahan mereka wajib mengenakan masker dan melakukanpengecekan suhu tubuh. Perhatikan pula ketersediaan hand sanitizer untuk para tamu undangan.

Pertimbangkanlah dengan masak soal sesi foto dengan tamu. Sebab kamu tidak mengetahui latar belakang kondisi kesehatan setiap tamu dan undangan yang hadir di pesta pernikahan.

Toh, kamu dan pasangan nggak punya rencana berbulan madu di rumah sakitkan usai menggelar resepsi?

4. Sensasi Acara Dansa Nggak Penting Lagi

Biasanya saat resepsi pernikahan ala-ala selalu ada momen pasangan Menari di tengah kerumunan tamu. Hal ini bisa saja dihapus. Dan bila tetap berlangsung di era new normal nanti mungkin tidak akan sebebas saat sebelum pandemi berlangsung

Kamu harus menyadari bahwa ketika kamu berdansa dengan seseorang yang mungkin terpapar virus, risiko penularan akan naik signifikan. Ingat utamakan menerapkan protokol kesehatan bukan sensasi.

BACA JUGA: Saat Tren Pernikahan Ala-Ala Bikin Sakit Kepala Para Pria

5. Prasmanan Menghilang

Meskipun tidak ada bukti bahwa virus corona disebarkan melalui makanan, namun dalam pesta pernikahandi era  new normal pilihan hidangan dalam kemasan ataupun nasi kotak adalah hal yang logis. Sebab menyajikan hidangan prasmanan membuat jarak sosial menjadi sulit.

Selain itu Makanan yang disediakan untuk tamu dan keluarga akan lebih higienis dan bahkan mungkin akan ada sajian makanan sehat sebagai pilihan.

6. Tradisi Ngamplop

Dalam masyarakat indonesia ada tradisi memberi uang dalam amplop kepada pengantin ataupun keluarga yang menggelar pesta pernikahan,

Hal ini sepertinya bakal pudar mengingat anjuran melakukan transaksi non tunai di masa pandemi saat ini. Kini muncul usulan agar kotak amplop uang diganti dengan scan bar code non-tunai, sehingga mengurangi kontak fisik.

BACA JUGA: Menikah Saat Pandemi Covid-19, Tunda or Jalan Terus?

7. Resepsi Berlangsung Singkat

Mengingat begitu ketatnya panduan dan protokol kesehatan untuk menggelar pesta pernikahan di era new normal. Sepertinya momen resepsi bakal berlangsung singkat dan Efisien.

Selamat tinggal resepsi pernikahan Ala-ala. (Sbg/Rig)

Comments