Sejumlah Selebriti yang menyuarakan dukungan soal RUU cipta Kerja
(Sumber: Twitter)

Sabigaju.com – Ruu Cipta kerja kembali memnjadi perbincangan hangat pada hari Ini setelah Banyak seleb yang mendukung RUU Cipta Kerja di media sosial dengan mengangkat tagar #IndonesiaButuhKerja.

Beberapa seleb yang ikut mendukung campaign ini antara lain Inul Daratista, Gofar Hilman, Marsha Aruan, Cita Citata, Gisella Anastasia, Gading Marten, sampai Ardhito Pramono.

Lantas, apakah para artis tersebut benar-benar paham tentang isi RUU Cipta Kerja tersebut?

BACA JUGA: Menanti Upaya Lahirnya Pekerja Terampil di Tanah Air

Upaya Pembodohan?

Banyak aktivis dan pegiat isu ketenagakerjaan yang hingga kini eksis alias masih terus menyuarakan penolakannya terhadap pengesahan RUU ini. Bahkan sejak kabar RUU ini disusun tersebar.

Salah satu sebab munculnya kritik atas RUU tersebut adalah adanya potensi pengurangan hak dasar pekerja seperti cuti, gaji, dan perlindungan kerja dan masih banyaklagi.

RUU Cipta Kerja sendiri semula bernama RUU Cipta Lapangan Kerja namanya sebagai RUU Cilaka.

Yang jelas menggunakan artis untuk menggalang dukungan terhadap RUU Cipta Kerja ini dianggap tidak tepat. Bisa jadi para artis itu tidak paham dengan rancangan perundangan yang mereka kampanyekan tersebut.

Atau bisa saja para influencer dan seleb menerima tawaran kampanye dari pemerintah bukan untuk membangun pemahaman bersama tetapi untuk memberikan legitimasi terhadap apa yang diinginkan oleh pemerintah.

Pembahasan RUU yang sehat harusnya disosialisasikan secara terang benderang, Ini artinya pemerintah harus terbuka dalam pembahasan sehingga masyarakat bisa kemudian berperan aktif untuk memberikan masukan dan pemerintah harus mendengar hal tersebut.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19 Percepat Era Robot Gantikan Manusia? 

Netizen Kritis

Menariknya mayoritas netizen malah bersikap  kritis  dengan upaya dukungan yang disuarakan kan oleh para influencer dan seleb  terhadap rancangan undang-undang ini.

Mereka berbondong bondong menguji dan mempertanyakan sejauh mana efek positif yang bisa diberikan RUU Cipta Kerja kepada masyarakat.

Para seleb dan influencer tersebut jelas kelabakan. Ada yang hanya diam meki sudah di hujani ratusan pertanyaan.  Beberapa  influencer bahkan melakukan cara aman dengan menghapus video unggahaanya. Beberapa linfluencer lain  yang seolah terlihat cerdas  menggembok  akun mereka.

Kritisnya netizen harus di acungi jempol. Bayangkan apa jadinya jika warga di jagat maya berdiam diri  hanya manut manut setuju sambil memberikan  like  hingga comment  setuju atas unggahan dukungan terhadap rancangan undang-undang ini?

Bisa jadi  penguasa makin yakin kalau masyarakat mendukung rancangan undang-undang yang dinilai kontroversial tersebut

Upaya melibatkan  artis memang bakal cocok untuk mempromosikan dagangan. Bisa dari sampo, sabun, mi instan, sampai pakaian. Tapi bukan untuk rancangan undang-undang.  RUU Cipta kerja bukan produk dagangan.  (Sbg/Rig)

Comments