AFF 2010
Isu pengaturan skor di ajang Final Piala AFF 2010 kini tengah menjadi pembahasan netizen dan pecinta sepakbola Tanah Air di Jagat Twitter Indonesia. (foto: Instagram matanajwa)

Sabigaju,com – Netizen dan pecinta sepakbola tanah air kini tengah mengalami kecewa marah dan banyak yang tak percaya dengan kondisi sepakbola di Indonesia.Perasaan tersebut muncul setelah Manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 yakni ,  Andi Darussalam Tabussala,  memberikan kesaksian yang mencengangkan.

Andi memberikan kesaksian laga final Piala AFF 2010 menjadi satu momen di mana banyak isu muncul, pejabat di Timnas Indonesia terlibat dalam pengaturan skor.

Ribuan netizen pun beramai ramai mengusung Tagar #AFF 2010  sembari mengungkapkan kekesalan dan kemarahan mereka terhadap sandiwara dan drama pertarungan Final Aff 2010 lalu.  Tagar #AFf 2010 pun bertengger di jejeran  trending topic di Jagat Twitter Indonesia.

BACA JUGA :

Kesaksian Andi Darussalam Soal AFF 2010

Dalam laga itu, Indonesia kalah telak 0-3 dari Malaysia di leg pertama. Saat itu, kekalahan itu dirasa cukup mengejutkan publik, lantaran di babak penyisihan, Timnas Indonesia tanpa ampun membantai Malaysia 5-1.

Dalam kesaksiannya di acara Mata Najwa, Andi Darussalam membantah ia terlibat dalam pengaturan skor. Tapi, ia mengaku merasa dikerjai di laga itu.

“Jadi banyak di medsos atau di mana, akhirnya yang tertuduh saya dan bos saya, Nirwan Bakrie. Ini harus ada klarifikasi,”

Andi melanjutkan, “Setahun setelah itu, saya bertemu dengan ini orang-orang Malaysia. Saya coba tanya pada mereka. Kata mereka : Bang, waktu itu, kalau kita tak mainkan Bang, kita tidak mungkin menang Bang, karena kita sudah kalah 5-0 di Jakarta,” Tutur Andi di Acara Mata Najwa

“Di situ saya terus berpikir, siapa orang yang dimaksud ini,” ujar Andi melanjutkan

“Ah, saya nggak perlu cerita. Tapi kalau nanti Pak Kapolri tanya, saya akan jelaskan. Pokoknya tidak akan ada nama yang saya sebut di tempat ini, saya hanya mau dipanggil institusi resmi, dan saya akan buka-bukaan, demi sepakbola Indonesia,” ujarnya.

Keanehan Lainnya di Ajang AFF 2010

Andi Darussalam juga membahas keanehan yang terjadi di Final Piala AFF 2010 antara Malaysia dan Indonesia.

Keanehan yang dimaksud adalah begitu mudahnya Malaysia mencetak gol ke gawang Indonesia. Andi bahkan pun menyebut nama salah satu pemain Indonesia, Maman Abdurrahman.

“Saya tahu, sampai detik ini saya bisa ceritakan enggak pernah saya bisa lupa. Pada menit awal pertama, harusnya Maman Abdurrahman biarkan itu bola, bola itu akan keluar. Tapi dia biarkan itu, beri kesempatan ke pemain lawan untuk memberikan umpan, di situlah gol pertama,” tegas Andi

“Gol kedua demikian juga. Di dua pertahanan yang terbuka itu, itu terjadi gol itu begitu cepat yang dicetak oleh Safee Sali,”

Andi juga mengakui ia lalai memproteksi tim jelang laga final AFF 2010 berlangsung :

“Saya yakin pertandingan 3-0 itu saya dimainkan. Tetapi saya tidak punya bukti untuk menuduh orang seperti itu, namun dari cara bermain kita bisa lihat,”

“Kalau analisa saya pribadi ketika itu kita kalah, saya terlena di dalam mencoba menjaga hotel pada waktu itu. Karena kami menang 5-1 di fase grup dan saya merasa yakin hotel itu steril,” tutupnya di acara Mata Najwa. (Sbg/Rig)

Comments