Sabigaju.com – Bisa dibilang masih banyak pengguna kendaraan bermotor khususnya sepeda motor di Jakarta yang kesadarannya masih rendah dan egois.

Hal ini dapat dilihat, masih banyak pemotor bandel nan egois yang masuk jalur bus TransJakarta, meski diketahui bahwa jalur tersebut merupakan kawasan steril.

Jalur busway ini dibuat agar bus melaju tanpa hambatan, sebab antara lintasan dan jalan utama terpisah oleh separator.

Ironisnya, sebagian pihak menganggap perilaku melanggar hukum itu malah dianggap sebagai hal wajar. Sehingga jika terjadi apa-apa, mereka merasa bukan menjadi tanggung jawabnya.

BACA JUGA: Semua Hal Terkait Smart Sim yang Perlu Kamu Tahu

Viral Video  Pemotor Egois

Belum lama ini dua kejadian memalukan diperlihatkan lewat media sosial. Dalam salah satu video yang viral nampak puluhan pemotor yang masuk jalur Transjakarta mencoba keluar lagi dengan cara mengangkat motor melewati pembatas jalan karena di depan banyak polisi yang berjaga.

Fenomena yang kerap berulang ini  biasanya terjadi saat satu pengendara motor berhasil melanggar dan tidak terjadi apa-apa,maka  pengendara motor lain akan ikut di belakangnya, berjalan beriringan.

Awalnya satu motor, menjadi dua, menjadi sepuluh dan berendengan menjadi  puluhan lain. Apalagi jika  petugas Polisi sedang tidak ada?

BACA JUGA: Ingin Menghindari Macet di Hari Senin? Ini Triknya

Egois, bukan! Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri agar bisa cepat sampai tujuan dengan cara melanggar hukum.

Sementara satu video lagi memperlihatkan seorang pengendara motor berpelat merah kedapatan melanggar aturan dengan masuk ke jalur busway.

Namun, saat diberhentikan petugas, bukannya mengaku salah, dirinya malah tak terima dan mengeluarkan amarahnya.

Banyak yang menghujat sikap pemotor egois tersebut tak sedikit yang meminta aparat kepolisian untuk segera menindaknya.

BACA JUGA: Sanksi dan Resiko Bahaya Berteduh Sembarangan Saat Hujan 

Tilang Elektronik Menerobos Jalur Busway

Semoga saja  hal ini tak terulang kedepan. Apalagi, Pemprov DKI segera memberlakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) pada awal Februari mendatang bagi pemotor egois yang nekat menerobos jalur busway .

Demi kelancaran jalan lalu lintas dan demi keamanan diri kita sendiri, lebih baik ikuti peraturan yang ada, hilangkan rasa egois dalam berkendara.

Kita hidup di kota yang keras, tapi jangan sampai membuat kita jadi orang yang keras dan egois. Ingin cepat sampai tujuan bukan dengan cara melanggar peraturan. (Sbg/Rig)

Comments