Penduduk di Negara Finlandia tetap bahagia di masa Pandemi Corona_002
(Sumber: visitfinland.com)

Sabigaju.com – Negara Finlandia berhasil selama tiga kali berturut-turut mempertahankan predikat sebagai negara paling bahagia di dunia.

Finlandia memiliki kualitas hidup yang tinggi. Udara yang bersih, alam yang luas dan mudah diakses,

Di negeri ini air keran  dapat diminum langsung, transportasi beroperasi  dengan harga terjangkau dan memiliki interkoneksi yang luas, lingkungan sosial yang aman, kualitas barang jualan yang di atas rata-rata, dan lainnya.

Lantas,  apakah penduduk Finlandia masih tetap bahagia di masa pandemi Corona saat ini ?

BACA JUGA: Gaya Hidup Minimalis Bikin Hidup Tenang di Masa Pandemi 

Kesiapan menghadapi Pandemi dan Saling Tolong Menolong

Tinggal di negara paling bahagia di dunia saat pandemi corona bukan hanya soal kebahagiaan jangka pendek. Namun juga soal jaringan keamanan sosial dan sistem pendukung yang dimiliki negaranya sebelum masalah menyerang.

masyarakat di negara Finlandia percaya bahwa ketika sakit dan tidak berdaya, semua orang akan mendapatkan perawatan. Mereka percaya dengan kualitas dan ketersediaan (layanan kesehatan publik).

Selain itu jaringan keamanan sosial di negara tersebut  membantu penduduknya ketika kehilangan pekerjaan atau penghasilan, sakit atau ketika anak mereka sakit.

Masyarakat akan mendapatkan kompensasi yang akan membantu untuk bertahan dan mengatur konsumsi harian.

Kota Helsinki di negara Finlandia
(Foto: Instagram.com/tap5a)

Untuk membuat masyarakat yang baik, tidak hanya dibutuhkan jaminan kesehatan, jaminan anak, sistem pendidikan, dan tunjangan tidak bekerja. Apalagi ketika sedang dalam masa tak pasti seperti pandemi corona ini.

Kota dan gereja saling bekerja sama menghimpun bantuan untuk anggota-anggotanya. Ada juga layanan yang diorganisasi oleh jaringan dan layanan peer-to-peer seperti Nappi Naapuri, di mana orang bisa memberi dan meminta bantuan dari lingkungan sekitar.

Hal ini akan berakibat pada rasa kepemilikan yang tinggi dan kebanggaan untuk hal yang bisa mereka raih dalam hal mitigasi.  Serta membentuk suatu masyarakat yang siap menghadapi ketidakpastian ketika virus corona menyebar ke seluruh dunia.

Pemerintahan Negara  Finlandia tidaklah terlalu sempurna. Namun, penduduk memberikan kepercayaan kepada pemerintahan saat ini dalam penanganan krisis. Penduduk Finlandia  yakin pemerintah akan melakukan yang terbaik.

BACA JUGA: Sederet Kebiasaan Baik yang Tumbuh Saat Pandemi

Finlandia Gelar  Kursusu Kebahagiaan Via  Online

Nah kamu kini bisa mengikuti kursus online tentang kebahagiaan  bersama penduduk  di negara Finlandia.

Kursus ini berawal dari kegiatan wisata Rent a Finn. Namun karena pandemi virus corona sedang melanda dunia, kegiatan wisata itu diubah menjadi online dengan nama Rent a Fin Goes Virtual.

Satu kursus digelar selama 60 menit dan menampilkan enam penduduk Finlandia dengan beragam latar belakang.Topiknya juga bisa dipilih, mulai dari olahraga, makanan, meditasi, buku, musik, dan banyak lagi.

finlandia
(Foto: Freepik.com)

Kursus online pertama sudah digelar pada 15 Mei 2020  lalu dan akan terus berlanjut hingga Juni 2020. Jadwal kursus online yang bisa diikuti saat ini ialah 29 Mei, 6 Juni, dan 12 Juni.

Selain melalui situs resminya, kursus online kamu juga bisa disaksikan melalui siaran langsung di Facebook dan YouTube, dengan sesi pertanyaan yang akan digelar di Instagram setelahnya.

Beberapa tokoh yang memandu kursus online ialah Päivikki Koskinen, seorang jurnalis lepas dan pelatih terapi, yang akan membagikan pengalamannya soal sauna dan pemandian es. Ada juga , Sasu Laukkonen, koki berbintang Michelin, yang akan fokus pada kuliner.. (Sbg/Rig)

Comments