makan Nasi putih tiap hari beresiko menimbulkan gangguan kesehatan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kita sering kali berpikir kalau perut baru bisa kenyang dan puas ketika kita makan nasi putih.

Selain itu nasi dianggap menjadi salah satu sumber energi. Lantaran kandungan karbohidrat yang terkandung dalam nasi diperlukan tubuh untuk membantu pembakaran kalori menjadi energi. Hal ini yang membuat tubuh menjadi lebih kuat ketika melakukan aktivitas.

Namun, makan nasi putih tiap hari ternyata bisa timbulkan hal yang tak diinginkan untuk tubuh. Itulah sebabnya sebaiknya kita tidak mengonsumsinya setiap hari.

BACA JUGA: Makan Siang Sehat Bisa Tingkatkan Kebahagiaan

Bisa Ganggu Kesehatan

Umunya orang Indonesia menyantap nasi putih sebanyak 3 kali sehari selama 7 hari dalam seminggu.

Nah, nasi putih ternyata punya kadar serat yang jauh lebih rendah dan kandungan karbohidrat yang tinggi. Hal ini beresiko membuat pencernaan kita enggak lancar ataupun terganggu sebab pada nasi putih

Selain itu, nasi putih bisa membuat gula darah kita tinggi banget setiap saat.

Ini karena nasi putih termasuk makan dengan indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan gula darah kita terus-menerus.

Jadi jangan heran kalau orang Indonesia gampang terkena diabetes akibat suka makan nasi tiap hari, terutama orang-orang yang makan dengan porsi banyak!

BACA JUGA: Makan Siang Nggak Sehat Bisa Picu Diabet Hingga Pikun

Pentingnya Menakar Nasi

Kebanyakan orang Indonesia  masih mengandalkan insting saat menakar jumlah nasi yang akan disantap. Ketika naluri mengatakan cukup, di situlah tangan mulai berhenti mengambil nasi dari magic jar.

Memperhatikan ukuran porsi makan adalah faktor kunci dalam membantu tubuh tetap sehat dan membantumu mempertahankan berat badan ideal.

Menggunakan tangan bisa jadi adalah cara mudah untuk memeriksa ukuran porsi makanan yang akan disantap.

100 gram nasi kira-kira sama dengan satu kepalan tangan orang dewasa.

Nah gaes jika kamu  ingin mempertahankan berat badan, dianjurkan makan 130 gram per porsi Jika kamu ingin menurunkan berat badan, dianjurkan makan 50 gram per porsi.

Baik wanita atau pria dianjurkan untuk tidak makan lebih dari 3 porsi per hari.

BACA JUGA: Pola Makan Intuitif, Yuk Kita Terapkan Siang Ini

Nggak Perlu Setiap Hari

Nasi bukanlah makanan super yang gizinya lengkap dan tak tergantikan. Justru masih banyak lagi makanan pokok dengan gizi yang lebih bervariasi.

Bandingkan saja nasi dengan singkong misalnya. Singkong mengandung lebih banyak serat ketimbang nasi.

Atau gandum utuh mengandung lebih banyak protein dan mineral dibanding nasi. Belum lagi kadar gula (dihitung dengan indeks glikemik) dalam nasi putih jauh lebih tinggi daripada kentang dan ubi jalar.

Bila setiap hari kamu cuma makan nasi tanpa menyelingi dengan makanan pokok lainnya, kamu bisa kekurangan atau kelebihan zat gizi tertentu. Inilah yang bisa meningkatkan risiko  kamu bisa mengidap penyakit tertentu dalam jangka panjang. (Sbg/Rig)

Comments