Naik Sepeda
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Kini banyak orang yang memilih naik sepeda untuk menghindari penularan virus corona dari kerumunan massa di transportasi umum, seperti di bus kota, kereta dan angkutan umum massal lainnya.

Misalnya, kegiatan bersepeda ini mulai marak digalakkan sejak virus corona menyebar di Negeri Paman Sam.

Nah,  salah satu cara untuk terhindar dari virus Corona adalah dengan menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Nah, aktivitas naik sepeda sendiri ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Sepeda Brompton, Idaman Para Sultan Kekinian

Bersepeda dan Imunitas Tubuh

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Aging Cell, peneliti mengamati 125 pesepeda yang sangat aktif yang berusia antara 55 dan 79 tahun.

Peneliti menganalisis darah peserta untuk penanda sel T, yang diketahui dapat membantu sistem kekebalan melawan infeksi.

Kemudian, mereka membandingkan pesepeda dengan usia yang sama, namun, tidak berolahraga secara teratur, dan orang dewasa muda berusia antara 20 dan 36 tahun yang aktif naik sepeda.

BACA JUGA: Bukan Uang, Olahraga Bisa Bikin Bahagia Banyak Orang 

Aktivitas sel T tidak lebih tinggi pada mereka yang tidak aktif, dan justru pesepeda usia senja juga menghasilkan tingkat aktivitas sel-T yang sama dengan orang dewasa muda berusia 20-an tahun.

“Sistem kekebalan tubuh menurun sekitar2-3 persen per tahun dari usia 20-an, itulah sebabnya orang tua lebih rentan terhadap infeksi, kondisi seperti rheumatoid arthritis dan, berpotensi kanker,” ujar penulis studi dan Direktur Institute of Inflammation and Ageing at the University of Birmingham, Inggris, Profesor Janet Lord.

Dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan jika bersepeda membuat orang dewasa berusia senja dapat menambah perlindungan imun tubuh mereka. Meski telah mengalami penurunan, dengan tetap aktif berolahraga membuat sistem kekebalan tubuhnya sama dengan usia dewasa muda.

Namun, penelitian ini masih bersifat awal. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat pengaruh dari aktif berolahraga.

BACA JUGA: Ternyata Olahraga Bersepeda Bikin Bahagia dan Panjang Usia

Hanya saja, peneliti menulis dalam laporan, penuaan adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor seperti genetika, lingkungan dan gaya hidup.

Dengan aktivitas fisik atau ketidakaktifan dapat menjadi pendorong penting dalam bagaimana orang menua dan seberapa baik sistem kekebalan tubuh berfungsi.

Kalau kita rutin naik sepeda lantaran dapat merangsang pembentukan imunitas tubuh yang bakal membuat kita jarang terkena sakit, tunggu apalagi, yuk jadikan aktivitas ini sebagai gaya hidup sehat! (Sbg/Rig)

Comments