Penyakit Pilek
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Biasanya, saat Big season, alias musim liburan tiba dimana ditandai dengan  peralihan ke musim hujan. banyak orang serang penyakit  pilek.

Penyakit pilek juga paling gampang menular. Terkadang, kontak (secara langsung atau tidak) dengan si penderita akan membuat kamu juga langsung mengalaminya.

Walau sebetulnya ini adalah penyakit dengan risiko kematian rendah, penyakit pilek tetap bisa mengganggu apalagi jika gejalanya juga terbilang berat.

BACA JUGA: Antisipasi Influenza Sebelum Berangkat Liburan

Gejala biasanya akan ditandai dengan demam, keluar lendir dari hidung, hingga batuk dan sakit tenggorokan.

Karena disebabkan oleh virus, penyakit pilek biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Obat hanya akan meredakan gejala. Semakin bagus daya tahan tubuhmu, maka pilek akan semakin cepat menghilang.

Namun tentu kamu tak ingin menderita penyakit  pilek, apalagi jika kamu sebentar lagi akan pergi berlibur. Itu sebabnya, kamu harus mencegahnya dari sekarang.

BACA JUGA: Jenis-jenis Virus yang Patut Diwaspadai Saat Ini 

Hubungan Pilek dan Wajah Manusia

Baru-baru ini, sebuah postingan dari Reddit mengungkap bahwa pencegahan penyakit pilek sebetulnya bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, yakni dengan tidak terlalu sering memegang wajah.

Menurut si penulis, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan sesuatu yang mengandung kuman.

Jadi, ketika kamu terlalu sering menyentuh wajah dan mulut, maka transmisi bakteri akan dengan mudah terjadi.

“Mencuci tangan adalah kebiasaan yang sangat dianjurkan. Namun sayangnya, mayoritas orang tidak melakukannya dengan baik. Mereka secara konstan menyentuh wajahnya, secara tidak sadar.

Jadi untuk mereduksi terjadinya transmisi bakteri, kamu hanya perlu berhenti menyentuh wajah,” seperti itu kira-kira penjabarannya.

Ini juga diungkap oleh sebuah studi di American Journal of Epidemiology. Seseorang yang menyentuh permukaan yang terkontaminasi bakteri pilek, dan kemudian ia menyentuh wajahnya, biasanya akan tertular di kemudian hari.

BACA JUGA: Awas, Penyakit Ini Siap Menyerang Anda di Musim Hujan dan Banjir!

Masuk Akalkah?

Menurut Dokter Seuli Bose Brill di Ohio, tips ini masuk akal. Dengan menyentuh wajah, kuman bisa masuk ke mata, hidung dan mulut. Tentu kuman ini bisa berasal dari tempat umum yang kamu sering sentuh setiap harinya.

“Kamu cenderung terserang penyakit yang berasal dari permukaan publik, seperti tangga, jika memang ada wabah penyakit seperti selama musim hujan. Kalau kamu tak mencuci tanganmu sesering mungkin, maka hindari menyentuh wajah,” katanya.

Namun Dokter Bruce Polsky dari NYU menyatakan bahwa penularan akan lebih sering berasal dari orang yang menderita penyakit pilek sebelumnya. Seperti misalnya, dari batuk atau bersin.

“Tidak cukup wajar penyakit pilek ditularkan dari bersentuhan,” kata Polsky. (Sbg/Dinda)

Comments