(Foto: Instagram.com/rootshopbd)

Sabigaju.com – Pandemi COVID-19 nampaknya melahirkan banyak kebiasaan baru pada manusia. Salah satunya adalah dengan memelihara ikan cupang.

Kamu sendiri, apakah termasuk cowok yang terkena sindrom ikan cupang yang dalam bahasa latindikenal dengan nama Betta Sp. ini?

Banyak orang yang akhirnya berganti profesi menjadi penjual ikan cupang. Dan sebagian lainnya, tentu berperan sebagai pembeli dan pengoleksi.

Bentuknya yang mungil dengan ke indahan warnanya yang menarik, membuat ikan ini memiliki penggemarnya tersendiri.

Selain mempunyai bentuk dan karakter yang unik, ikan cupang umumnya terbagi atas dua golongan, yaitu cupang hias dan cupang aduan.

BACA JUGA: Kesepian di Tengah Pandemi? Coba deh Memelihara Hewan!

Beberapa ikan hias jenis ini  bahkan dijual dengan harga mahal karena kecantikan dan kelangkaannya.

Sebagai informasi, ada satu jenis ikan hias jenis ini bernama kachen worachai yang berhasil terjual dengan harga Rp20 juta.

(Foto: Instagram.com/kachen0505)

Nama ikan ini diambil dari pemilik ikan termahal di dunia tersebut yakni Kachen Worachai warga Negara Thailand.

Ok itu dari sisi ekonomis. Nah, kamu harus sadar nih, memelihara ikan hias dalam akuarium ternyata baik nih, untuk kesehatan mental.

Dalam hal ini, ikan cupang tentu saja termasuk sebagai ikan yang bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan mental kamu.

BACA JUGA: Pertimbangkan Lima Hal ini Sebelum Memelihara Hewan 

Studi Ikan Cupang dan kesehatan Mental

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Health Promotion International, telah terungkap bahwa alam memainkan peran penting terhadap kondisi mental manusia.

Orang yang melakukan kontak dengan alam ternyata bisa tercegah dari penyakit mental, termasuk memelihara ikan cupang!!

(Foto: Instagram.com/atomicfish)

Para periset dari National Marine Aquarium, Plymouth University dan University of Exeter juga mengungkap bahwa memandangi ikan dalam akuarium ternyata baik untuk kesehatan mental dan bahkan fisik.

Mereka yang sering memandangi ikan dalam akuarium ini bisa tercegah dari tekanan darah dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, kegiatan bersama ikan ini juga bisa mereduksi kecemasan hingga 12 persen dan memperbaiki mood!

BACA JUGA: Inilah Fakta yang Bikin Cewek Takluk sama Cowok Pemilik Anjing 

Ikan bisa mengenal pemiliknya

Kalau kamu berpikir bahwa hanya anjing dan kucing yang bisa mengenal manusia, kamu salah besar. Faktanya, ikan ternyata juga bisa mengenal pemiliknya!

Kalau kamu memelihara mereka dari kecil, biasanya mereka bisa mengenal kamu. Ketika kamu terbangun, mereka akan berenang dengan cepat untuk menyambut kamu.

(Foto: Instagram.com/ hobipapih)

Artinya, ikan bisa banget nih, menemani kamu dari kesepian. Ikan cupang salah satunya, ya!

Ini terbukti dari sebuah berita yang menyebut bahwa ada loh, sebuah hotel di bandara Belgia yang menyewakan ikan hias ini untuk para turis. Katanya sih, supaya mereka enggak kesepian.

Nah, buat kamu yang kesepian di tengah pandemic dan apalagi jomblo, enggak ada salahnya nih, pelihara ikan cupang! (Sbg/Dinda)

Comments