Performa Olahraga
Sebuah hasil penelitian menemukan kaitan bahwa ternyata musik dapat meningkatkan performa olahraga. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Kamu sering olahraga sambil mendengarkan musik? Misal saat jogging di pagi hari. Nah ternyata, musik yang sering kamu dengarkan ini bisa berpengaruh pada performa olahraga kamu, Sob.

Tapiii, musik yang kayak gimana dulu? Dilansir laman Mens Health, ternyata ada beberapa jenis musik yang bisa meningkatkan performa olahraga kamu. Enggak main-main Sob, ini terbukti secara ilmiah, loh! Riset ini sudah dilakukan oleh tim dari Amazon Music dan Universitas Osnabruck.

Menurut studi ini, komposisi dari musik seperti struktur ritem yang kuat dapat memotivasi seseorang ketika berolahraga. Di sisi lain, pemilihan lagu yang bervariasi dalam sebuah playlist punya peranan kritis terhadap seseorang ketika berolahraga.

Hmmm, rumit nih. Biar lebih jelasnya, coba dicek, musiknya kayak apa ya?

BACA JUGA:

1. Upbeat

Musik dengan beat yang kuat nyatanya berperan penting dalam meningkatkan performa olahraga seseorang.

Memang sih, musik slow juga bisa melakukan hal sama. Tapi lagi-lagi studi mengungkapkan bahwa musik upbeat lebih berperan secara signifikan.

Karena ini ada kaitannya dengan beat yang kuat, maka kamu bisa cari musik dengan banyak dentuman drum. Rock and roll, anyone?

2. How About Lyrics?

Lirik tentu berperan, apalagi jika ada kaitannya dengan kehidupan pribadi seseorang. But unfortunately, studi ini tak secara khusus membahas soal pengaruh lirik terhadap performa olahraga seseorang.

3. Genrenya

Seperti yang sudah dinyatakan di awal. Jika ini ada kaitannya dengan beat yang kuat, maka genre musik rock, hip-hop, atau electronic mungkin bisa jadi mantranya.

4. Apakah volume berperan?

Lagi-lagi studi ini tak mencari tahu soal pengaruh volume musik terhadap performa tersebut.

Namun beberapa ahli justru menyarankan bahwa ada baiknya volume disetel sewajarnya mengingat ini berkaitan dengan kesehatan pendengaran seseorang.

5. Headphone atau speaker?

Seperti poin sebelumnya, penggunaan headphone sebetulnya bisa berkenaan dengan kesehatan pendengaran.

Namun jika kamu melakukan olahraga gym di tempat fitnes bersama banyak orang, maka ada baiknya kamu menggunakan headphone (tentu dengan volume yang wajar). Karena enggak semua orang suka dengan lagu favoritmu kan?

Seneng banget kan, ternyata musik juga bisa meningkatkan performa kamu saat berolahraga. So, lets make a good playlist, eveyrbody! (Sbg/Dinda)

Comments