MusiC Snob kini ramai jadi bahan perbincangan
(Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini tudingan music snob mencuat ke permukaan setelah salah seorang personel sebuah band bau kencur mengungkapkan kalau lagu milik bandnya lebih keras dari musik metal yang pernah dia dengar.

Sontak saja saja pernyataan personel band bau kencur tersebut menmbangkitkan rasa amarah dari para pengusung musik metal maupun penggemar musik cadas lainnya.

Beramai-ramai mereka menghujat band bau kencur beserta para personelnya serta lagu karya mereka yang dianggap lebih keras dari musik metal .

BACA JUGA: Jadikan Hobi bermusik Agar Mendatangkan Cuan

Tanda Kesombongan

Music snob, merujuk pada seseorang yang menyombongkan selera musiknya. ia merasa bahwa selera musiknya paling tinggi, dan mencela orang-orang yang punya selera musik yang berbeda dengan dirinya.

Menurut urban dictionary, music snob punya beberapa pengertian sala satunya adalah adalah A person who believes s/he has a more refined taste in music and has much more knowledge in the field of music in general. Every song and genre is unacceptable unless the snob happens to like it, then it is absolute perfection.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pengertian music snob tersebut berbunyi Seseorang yang percaya bahwa dia memiliki taste musik yang lebih dari orang lain dan memiliki pengetahuan lebih secara umum. Setiap lagu dan genre tidak bisa diterima secara langsung kecuali dia menyukainya, dan jika suka pasti lagu itu sempurna

Musik itu sendiri adalah salah satu hal paling diverse di Bumi ini. Nggak ada musik yang lebih superior dari yang lain. Yang ada hanya seseorang mendengarkan musik lebih banyak/sedikit dari yang lainnya.

Selera musik itu semestinya serupa iman. Jika itu baik bagimu, sepatutnya yakinilah sepenuh hati dan simpanlah sendiri.

Tidak perlu kamu pamerkan, apalagi menggunakannya sebagai legitimasi untuk menjatuhkan penikmat genre musik lain.

BACA JUGA: Musik EDM Identik dengan Narkoba? Salah Besar Men! 

Cukupkah Meminta Maaf?

Belakangan vokalis band bau kencur itu meminta maaf seraya  berjanji akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan dan bersikap.

Si vokalis juga meminta kepada setiap orang untuk menegurnya jika kembali mengulangi kesalahan music snob yang serupa.

Sayangnya, video permintaan maaf tersebut tidak menyurutkan amarah para penikmat musik metal. Hal itu bisa terlihat dari komentar di video permintaan maaf mereka.

BACA JUGA: Lagu Favorit Tak Terganti dengan Musik Kekinian

Yup,  menganggap musik mereka lebih baik dengan membanding-bandingin dengan genre musik lain merupakan kesalahan fatal.

Sebuah band yang baru beberapa tahun berkiprah, minus prestasi ini-itu, belum punya torehan sejarah, ataupun memberikan manfaat bagi jutaan manusia di bumi alias  bau kencur harusnya tak perlu punya perilaku music snob alias  menyombongkan diri lebih hebat ataupun punya karya lebih hebat.

Pakai spion deh buat lihat ke belakang ada berapa juta musisi dari jaman purbakala hingga  kini yang rendah hati dan berkarya tanpa merasa lebih hebat.

Kalian nggak mau kan dikenal sebagai band yang tak layak disebut namanya?.(Sbg/Rig)

Comments