(Sumber foto: Holiday Inn)

Sabigaju.com – Biasanya jelang Lebaran Tiba, banyak orang melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri sambil berkumpul dengan orang tua, kerabat, dan handai taulan.

Namun kini kondisinya berbeda. Dunia, termasuk Indonesia, sedang dilanda pandemi Covid-19. maka pilihan tidak mudik, adalah cara paling bijaksana untuk melindungi keluarga di kampung halaman.

Tingginya angka pergerakan manusia saat mudik menunjukkan tingginya risiko penularan Covid-19 bila mudik tetap diizinkan.

Pertimbangan itu terutama demi memutus mata rantai penularan dengan memberlakukan protokol kesehatan berupa  pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan efektivitas pelaksanaan kegiatan transportasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan nasional.

BACA JUGA: Pembayaran Digital Memudahkanmu di Masa Stay At Home

Mudik Digital Jadi Pilihan

Mudik Digital
(Foto: Rawpixel)

Para perantau kini dianjurkan melakukan mudik digital ketimbang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Lantas, apa yang dimaksud dengan mudik digital?

Mudik digital merupakan aktivitas silaturahmi yang dilakukan melalui panggilan video bersama (video call) keluarga. Kegiatan ini diharapkan memutus mata rantai penularan wabah Covid-19 ke sejumlah daerah.

Nah Sabigaju mau kasih sederet aplikasi keren yang bisa kamu lakukan untuk melakukan mudik digital di hari raya Idul Fitri Nanti

Facebook

Kamu bisa melakukan mudik digital melalui Facebook yang telah menciptakan layanan video conference yang dinamakan Messenger Rooms. Layanan ini diharapkan bisa menjadi alternatif baru untuk menggantikan Zoom, Google Meet, ataupun Skype.

Layanan Facebook Messenger Rooms menawarkan pengguna untuk melakukan video conference dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dalam satu panggilan. Messenger Rooms bisa digunakan gratis dan tidak ada batasan waktu dalam melakukan panggilan video.

Pengguna Facebook dapat berbagi link yang memungkinkan semua orang untuk bergabung ke dalam meeting di Messenger Rooms melalui browser web di desktop dan seluler.

Facebook juga menghilangkan persyaratan untuk mengunduh aplikasi atau membuat akun seperti pada layanan lain. Saat kamu membuat panggilan di Messenger Rooms, bisa memilih siapa yang dapat melihat dan bergabung. Kamu dapat menghapus orang dari panggilan dan mengunci Room, jika tidak ingin orang lain masuk.

BACA JUGA: Naik Kereta Api Virtual, Siapa Hendak Turut?

Google Meet

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk Mudik digital dulunya bernama Hangouts Meet, bisa menampung 16 peserta teleconference dalam satu panggilan. Cara pakainya aktifkan via Gmail.

Semua pengguna akun Google bisa memulai meeting virtual di Meet, tidak harus berlangganan G Suite.

Artinya, saat ini semua pengguna Google bisa menjadi host alias pembuat ruang meeting virtual. Mereka juga bisa mengundang hingga 100 orang tanpa ada batasan waktu.

Google Duo

Aplikasi Google Duoini sudah tersedia secara otomatif di smartphone Android karena aplikasi bawaan Google. Peserta bisa hingga 32 peserta dalam satu panggilan percakapan.

Skype

Aplikasi Skype bisa menampung hingga 50 peserta dalam satu kali panggilan. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk chatting. Semuanya gratis.

Bunch

Aplikasi Video Call lain yang bisa kamu gunakan untuk mudik digital adalah Bunch.

Aplikasi ini sebenarnya lebih fokus pada games dari pada video chat sehingga cocok untuk kamu yang memang ingin bersenang-senang.

Dengan aplikasi Bunch, kamu dan orang-orang terdekat bisa main game selagi melihat ekspresi masing-masing.

BACA JUGA: Pandemi COVID-19, Waktunya Buat Jalan-jalan Virtual 

Houseparty

Selain Bunch, aplikasi video call Houseparty pun dapat digunakan untuk mudik digital. Selain bertatap muka, aplikasi ini juga menghadirkan permainan yang bisa dilakukan bersama selayaknya sedang party di rumah.

Misalnya permainan di mana orang-orang harus menebak sebuah benda berdasarkan gambar salah satu.

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi buat mudik digital kla Idul Fitri nanti. (Sbg/Rig)

Comments