Sabigaju.com – Pembalap MotoGP, Valentino Rossi, belum lama ini mengalami kecelakaan di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol saat menjalani tes pramusim MotoGP 2018.

Musibah itu terjadi saat Rossi tengah memacu motor YZR-M1 yang ditungganginya memasuki tikungan sepuluh Sirkuit Ricardo Tormo.

Dalam video yang beredar nampak pembalap berjuluk The Doctor tersebut terpelanting kemudian jatuh ke gravel. Motor Rossi melayang di udara, sebelum terpelanting hingga terhenti di dekat dinding pengaman sirkuit. Outfit berupa wearpack balap yang dikenakannya terlihat sobek di bagian paha kanan.

Akibat kecelakaan tersebut motor Rossi rusak parah (Foto: Twitter @MotoGP)

Rossi sempat terlihat shock, hal itu terlihat kala ia sempat berlutut beberapa saat, kemudian berdiri dan menghampiri motornya yang rusak berat, nyaris tak berbentuk lagi.

Namun, Rossi segera kembali ke pit. Dia melanjutkan tes dengan menggunakan motor lain dengan spesifikasi yang lama dan menyelesaikan 64 putaran dan menempati posisi keempat.

Dugaan Penyebab Kecelakaan

Usai mengikuti test tersebut, pembalap berjuluk ‘The Doctor’ itu sempat menyinggung masalah utama Yamaha, yakni ban belakang yang cepat aus.

“Masalahnya adalah degradasi ban belakang. Jadi sasis 2016 belum cukup. Tapi saya bisa katakan saya lebih cepat di atas motor lama. Kecelakaan itu cukup besar, tapi bagi saya tak masalah. Saya hanya sliding dan motor saya rusak,” papar sembilan kali juara dunia itu dalam wawancara dengan Crash.net.

Kecelakaan yang dialami Rossi mengakibatkanm otor yang ditunggangi rusak parah (Twitter @MotoGP)

Di lain sisi, Rossi berharap tim mekaniknya dapat menemukan solusi berarti.

“Prioritas kami adalah mesin, yang merupakan prototipe pertama untuk 2018. Sayangnya saya baru menjalani dua lap dan terjatuh. Semoga bisa diperbaiki dan kami bisa memakainya lagi besok. Mesin kami memang lebih cepat, tapi tak banyak membantu pada ban belakang,” tutup Rossi.

Tahun Suram Buat Karir Rossi

Kecelakaan yang dialami Valentino Rossi seakan melengkapi suramnya karir The Doctor dalam Musim MotoGP 2017.

Bagaimana tidak, sepanjang karier di ajang MotoGP bersama Yamaha dan Honda, Valentino Rossi hanya finish di posisi kelima di klasemen akhir MotoGP 2017. Rossi yang sebelumnya duduk di peringkat empat klasemen digusur oleh pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa yang memenangi balapan di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia.

Valentino Rossi (Foto: Instagram valeyellow46)

Sepanjang kariernya di kelas primer Grand Prix, Rossi sebelumnya tidak pernah finish lebih buruk dari posisi empat ketika memperkuat Yamaha dan Honda. Catatan prestasi terburuk Rossi adalah finish keempat pada musim 2013. Sedangkan bersama Honda, finish terburuk pebalap berusia 38 tahun itu adalah menjadi runner-up pada musim 2000.

Rossi sebenarnya meraih hasil yang cukup mengesankan di awal musim ini. Ia meraih posisi podium dalam tiga seri awal. Tapi, kegagalan tim Movistar Yamaha mengembangkan sepeda motor YZR-M1 2017 membuat Rossi gagal bersaing dengan dua saingan terberatnya Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Satu-satunya kemenangan Rossi dalam Musim Moto GP 2017 adalah saat dirinya menjadi juara dalam seri yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, pada 25 Juni 2017. (Sbg/Ldr)

 

Comments