Moon Milk
(Foto: Instagram.com/quimera_cafeliterario)

Sabigaju.com – Padatnya rutinitas manusia modern sekarang ini membuat banyak yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Terkait hal itu, ada sebuah tren agar orang dapat lebih mudah untuk tertidur yaitu  susu kekinian bernama moon milk atau susu bulan

Mengonsumsi moon milk sebelum tidur diyakini dapat membantu menyembuhkan insomnia.

BACA JUGA: Susu Coklat, Terjangkau Harganya, Sehatnya Tidak terkira 

Warna Indah dan Kaya Rempah

Kuliner ini sebenarnya tidak beda jauh dengan susu sapi hangat yang sering kita konsumsi sebelum tidur. Yang membedakan susu hangat biasa dengan moon milk ini ada pada warna dan rasa.

Susu ini diramu dengan campuran ramuan rempah-rempah seperti kayu manis, kunyit, pala, pemanis alami, madu.

Salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat yaitu adaptogen menjadi campuran utama bagi moon milk. Adaptogen adalah senyawa nabati yang sebagian besar berasal dari herbal dan akar tumbuhan.

BACA JUGA: Hidup Makin Sehat dengan Minum Susu Kacang Polong 

Rempah tersebut dapat memoderasi respons tubuh terhadap stres, meningkatkan energi, dan bahkan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu adaptogen yang paling populer adalah ashawaganda. Menurut seorang ahli gizi, Neda Varbanova, suplemen tersebut dapat meningkatkan kesehatan sistem adrenalin. Kelenjar adrenal menghasilkan hormon yang membantu mengatur metabolisme dan cara tubuh merespons stres.

“Adaptogen di moon milk mempromosikan relaksasi. Susu itu sendiri juga mengandung tryptophan dan melatonin yang merupakan zat alami untuk mendorong tidur,” pungkasnya.

BACA JUGA: Minum Susu Bisa Bikin Turun Berat Badan?

Bikin Nyaman dan Tenang

Selain Kaya Rempah, moon milk juga kaya warna seperti warna cokelat, merah muda atau kuning ataupun warna pastel yang muncul sebagai campuran warna susu dengan campuran buah seperti strawberi atau pisang.

Warna-warna tersebut terbilang indah untuk dipandang sehingga banyak yang mengunggah wujud susu tersebut di media sosial seperti Pinterest atau Instagram.

Dengan warna yang indah, susu ini dapat menggugah selera banyak orang dan berpotensi memberi rasa tenang dan nyaman

Perasaan nyaman dan tenang yang dirasakan setelah menenggak segelas moon milk ini bisa menginduksi bahan kimia di otak yang membentuk sensasi relaksasi yang memicu rasa kantuk dan akhirnya terlelap tidur. (Sbg/Rig)

Comments