Sakit Kepala
Momen Lebaran seharusnya membawa kebahagiaan Tapi kenapa ya, masih ada beberapa hal yang bikin kita sakit kepala saking kesal dan pusingnya? (Foto; Pixabay)

Sabigaju.com – Lebaran seharusnya jadi hari raya bagi semua umat Muslim. Tapi kenapa ya, masih ada beberapa hal yang bikin kita sakit kepala saking kesal dan pusingnya? Misalnya ditanya “kapan nikah?” saat kumpul Lebaran nanti bareng keluarga.

Ternyata enggak cuma pertanyaan itu nih, tapi ada beberapa momen yang juga sama bikin sakit kepala. Nih, lima momen tersebut dan cara mengatasinya.

BACA JUGA: Baju Baru atau Baju Bekas, yang Penting Hatimu Baru

Ritual Baju Baru

Salah satu momen yang bisa bikin sakit kepala di kala Hari Lebaran adalah persoalan baju baru.

Udah jadi acara tahunan, kalau Lebaran mesti pakai baju baru. Padahal, THR enggak cuma buat baju baru juga, tapi banyak kepentingan yang mesti didahulukan. Siapa di sini yang kayak gitu juga?

Sebetulnya, ini tergantung dari mindset kita. Enggak perlu lah, tiap tahun pakai baju baru. Apalagi kalau baju kamu masih banyak yang jarang dipakai. Pakai baju yang ada agar pengeluaran enggak semakin membengkak.

Atau kalau memang memerlukan baju baru, coba pilih yang enggak mahal. Enggak perlu branded, lokal punya juga oke kok.

BACA JUGA: Menjauh dari Anggota Keluarga yang Toxic Itu Keputusan Tepat 

Annoying Question

Nah, ini kayak yang dibahas di atas. Kapan nikah? Skripsi kelar kapan? Kok jabatan lo masih gitu-gitu aja? Masih nganggur? Duh, sumpah bikin kesel aja ya pertanyaan yang cenderung nyinyir dan bikin sakit kepala ini.

Kamu sebetulnya enggak perlu ambil pusing. Senyum aja dan jawab seadanya. Kamu juga bisa menjawabnya dengan sedikit bercanda. Atau kalau perlu, menghindar saja.

THR Bagai Angin Lalu

Ini sih pastinya, apalagi kalau kamu sudah berkeluarga. THR biasanya akan habis untuk belanja daging untuk rendang dan ayam untuk opor, kue lebaran, baju lebaran anak dan istri, THR-nya si mbak di rumah, THR orangtua dan mertua, untuk mudik dan masih banyak lagi.

Kamu perlu banget bikin rencana keuangan yang matang ya. Kalau perlu, ingatlah menghemat. Nabung dari sebulan atau dua bulan sebelumnya jadi enggak sakit kepala berat-berat banget saat merayakan Hari Lebaran

BACA JUGA: Bercinta di Mobil Saat Mudik Bisa Berujung Ironis, Ketahui Resikonya

Macet-macetan Saat Mudik

Bete enggak sih, kalau kamu mesti macet-macetan pas mudik nanti? Dua hari dua malam, misalnya. Badan lelah, ngantuk, biaya perjalanan membengkak. Sampai kampung kamu udah enggak mood untuk beramah tamah. Secara tiket pesawat sekarang lagi mahal-mahalnya.

Kamu cukup mengatur strategi dengan misal membeli tiket kereta atau pesawat dari jauh-jauh hari agar tidak terlalu mahal. Atau, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu perlu menabung dari bulan-bulan sebelumnya ya.

So guys, Lebaran harus jadi momen yang spesial untuk kamu bersilaturahmi dengan keluarga ya. Jangan sampai poin di atas justru bikin kamu bad mood ataupun sakit kepala  sampai malas bertemu sanak saudara. Happy ied mubarak, everyone! (Sbg/Dinda)

Comments