Sabigaju.com – Sering kita mendengar kalau bintitan (mata timbul bengkak seperti bisul) adalah karena mengintip. Ternyata itu hanya mitos saja. Entah dari mana datangnya cerita tersebut, namun dalam budaya Jawa, dahulu kala beredarnya mitos tersebut karena banyak lelaki yang suka mengintip perempuan yang mandi di sungai.

Zaman dahulu, memang para perempuan kerap mandi di sungai sehingga menyebabkan para lelaki suka mengintip. Untuk menghindari kebiasaan tersebut, cerita tentang bintitan tersebut tersebar.

Bintitan sebenarnya punya nama media, yakni hordeolum atau pembengkakan yang terjadi di kelopak mata akibat infeksi. Nah, infeksi tersebut terjadi karena adanya bakteri, salah satunya staphylococcus aureus. Bakteri tersebut sebenarnya tidak berbahya, namun jika terperangkap di kelenjar mata, akan mengakibatkan infeksi.

Bagaimana bakteri tersebut bisa menyebar? Ini dikarenakan tangan penderitanya kotor. Bintitan juga tidak menular secara langsung dengan tatapan mata. Ia menular jika tangan kotor penderita memegang tangan orang lain dan kemudian memegang mata. Karena itu disarankan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik.

Bintitan tergolong lama dalam hal penyembuhan, bisa satu hingga dua pekan. Namun hal tersebut bisa lebih cepat, jika anda selalu menjaga kebersihan. Beberapa tips bisa dilakukan, seperti mengompres mata dengan air hangat, atau menggunakan obat tetes mata yang bagus.

Tuh kan, masih percaya mitos bintitan karena suka mengintip? Jaga terus kebersihan tubuh anda. Dan ingat, jangan suka mengintip ya karena bukan bintitan yang akan menyerang, namun bisa jadi sandal jepit yang melayang ke kepala anda. (Sbg/nia)

Comments