Minuman Teh
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Minuman teh  merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

Minuman teh terkenal memiliki bau yang harum dan menenangkan ini juga banyak tumbuh di Indonesia.

Sejak ribuan tahun minuman teh sudah dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Nah di masa pandemi ini banyak orang yang punya kebiasaan mengonsumsi minimal secangkir teh setiap hari.

Hal itu di yakini bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan COVID-19 yang kini semakin meluas

Secangkir teh mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, seperti katekin, mirisetin, kuersetin, apigenin, luteolin, thearubigin, dan theaflavin. Nah, theaflavin ini berfungsi sebagai anti-diabetes, anti asam urat, anti kanker, hingga anti virus.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan Lung dan rekan-rekanny, dalam Journal of Medical Virology, theaflavin berpotensi sebagai inhibitor atau zat yang dapat menghambat atau menurunkan laju reaksi kimia dari COVID-19.

Ada banyak jenis teh yang juga menjadi favorit banyak orang. Berikut beberapa jenisnya:

BACA JUGA: Susu Coklat, Terjangkau Harganya, Sehatnya Tidak Terkira 

1. Teh Hitam

Teh hitam pertama kali diproduksi sekitar tahun 1730-an. Produksi teh hitam berawal dari ketidaksengajaan yang berasal dari teh hijau yang lebih dahulu populer, bahan baku tersebut mengalami oksidasi lalu berubah warna menjadi hitam.

minuman Teh hitam begitu kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi penyakit, mencegah tanda-tanda penuaan dan kerusakan pada DNA.

Selain itu Teh hitam memiliki efek terapi dan menenangkan, hal ini dapat mengurangi sakit kepala karena tegang, juga menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Selain itu teh hitam juga dapat menenangkan sistem pencernaan dan lebih teratur.

2. Teh Hijau

Minuman Teh hijau merupakan teh yang berasal dari daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinesis. Masyarakat  Cina sudah meminum teh hijau setidaknya 3000 tahun hingga saat ini.

Walaupun dikenal dari negara Cina, sebenarnya ada teh hijau yang juga berasal dari negara lain, salah satunya adalah Jepang.

Teh hijau ini juga memiliki beberapa manfaat di antaranya yaitu kandungan antioxidan berupa polifenol yang dapat menangkal radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh. Polifenol ini juga yang memberikan rasa khas pada teh hijau yang agak pahit.

BACA JUGA: Minum Kopi dapat Cegah Kanker Prostat? Secercah Harapan 

3. Teh Mawar

Minuman Teh mawar merupakan teh yang berasal dari kelopak bunga mawar yang dikeringkan. Rasanya dikenal ringan dan mengandung sedikit rasa asam yang berasal dari asam sitrat kelopak mawar.

Teh mawar kaya akan vitamin C yang bisa membantu perawatan kulit, jerawat, kesehatan rambut, serta kekebalan tubuh.

Teh ini  juga bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan karena teh mawar yang dapat merangsang produksi empedu tubuh yang membantu perut kita mencerna makanan secara efisien.

4. Teh Rosella

Teh ini memiliki rasa asam seperti cranberry dan biasanya untuk penyajian teh ini dilengkapi gula sebagai pemanis.

Teh tersebut mengandung banyak vitamin C dan mineral sehingga teh ini digunakan juga sebagai obat tradisional dan bisa menurunkan tekanan darah dan mengontrol kolesterol

Teh ini kaya akan vitamin C sehingga bisa membantu sistem kekebalan tubuh Manfaat lain teh rosella yakni mencegah infeksi kandung kemih dan sembelit jika dikonsumsi secara teratur.

BACA JUGA: Bahaya Mematikan Apabila Terlalu Sering Minum Teh 

5. Teh Chamomile

Teh ini juga berasal dari bunga yakni bunga Matricaria chamomilla atau dikenal sebagai chamomile. Teh ini dikenal dengan khasiatnya yang dapat membuat tubuh kita menjadi rileks dan membantu tidur yang lebih baik.

Penelitian menunjukan bahwa adanya penurunan tingkat stres dan gangguan tidur karena mengonsumsi Minuman Teh Hijau ini, walaupun fakta ini masih harus diteliti lebih lanjut lagi.

Namun demikian, kamu jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman teh yah gaes. Soalnya itu bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu.  (Sbg/Rig)

Comments