Sabigaju.com – Bagi kamu pecinta minuman teh, tentu sudah tidak asing lagi dengan minuman yang berasal dari Negeri Gajah Putih yang satu ini. Ya, minuman ini adalah minuman hits Thai Tea. Minuman segar ini telah menjadi salah satu minuman teh yang sudah mendunia.

Sejarah Singkat Thai Tea

Thailand yang didirikan pada pertengahan abad ke 14 merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dikuasai oleh Bangsa Eropa. Walaupun dari sudut pandang sejarah Thailand tidak pernah menjadi negara peminum teh, tetapi Thai tea telah menjadi minuman umum yang digemari oleh warga Thailand.

Thai tea sendiri terdiri dari teh hitam dengan bunga lawang (star anise), pewarna makanan, campuran rempah-rempah serta susu kental manis. Thai tea disuguhkan secara panas atau dengan tambahan es.

Sejarah singkat Thai tea dimulai dari sebagian kecil pasukan nasionalis Chiang-kai Shek di Yunnan terpisah dengan pasukan utamanya pada tahun 1949. Terisolasi, namun tidak gentar, pasukan ini kemudian memimpin gerilya serta melanjutkan serangan terhadap para komunis. Mereka dipaksa untuk keluar Burma menuju Thailand Utara. Selama berpuluh-puluh tahun, mereka melakukan operasi illegal di wilayah segitiga emas: penyelundupan narkoba serta perdagangan gelap. Akhirnya melalui edukasi yang ditawarkan pemerintah, generasi baru imigran berasimilasi secara kultur dan ekonomi ke dalam masyarakat Thai. Penanaman teh merupakan salah satu dari pilihan yang legal.

Berasal dari Provinsi Yunnan, secara alami menanam dan membuat teh menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang dipilih oleh penduduk baru Thailand ini. Tanaman teh pertama diimpor dari China dan Taiwan untuk ditanam pada dataran tinggi Chiang Mai pada akhir tahun 1980. Hari ini, kawasan di Thailand Utara tersebut telah menjadi lumbung utama yang menghasilkan teh.

Rasa Thai Tea

Teh yang dipilih untuk diolah menjadi Thai Tea memang tidak bisa sembarangan karena seduhan teh harus memiliki aroma tajam serta rasa teh hitam yang kuat pula. Tidak sampai pada seduhan teh hitamnya, ternyata Thai tea akan semakin lengkap rasanya jika dilengkapi dengan rempah-rempah serta pewarna makanan oranye yang merupakan warna khas Thai tea itu sendiri. Agar menjadi lebih manis dan creamy, teh dengan rempah tadi dipadukan dengan gula, evaporated milk, condensed milk atau coconut milk. Dengan perpaduan yang sedemikian lengkap, minunan hits Thai Tea menyajikan rasa segar yang nikmat untuk kamu cicipi.

Resep Thai Tea Sederhana

Ingin mencoba membuat Thai tea-mu sendiri? Kamu bisa mencoba membuat Thai tea-mu sendiri dengan cara berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan teh bubuk hitam khas Thailand
  • 2 sdm cincau hitam potong dadu
  • 100 gram es batu
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • 150 ml susu evaporasi

Langkah:

  • Seduhlah 1 sendok makan teh Thailand ke dalam 200 ml air hangat, aduk rata dan saring
  • Masukkan susu kental manis, larutan teh, susu evaporasi, potongan cincau hitam dan es batu
  • Sajikan Thai tea
Minuman Hits Thai Tea ala Dum Dum

Dum Dum Thai Drinks merupakan salah satu kedai minuman yang menyediakan Thai tea sebagai produk andalan mereka. Kedai minuman ini biasanya berukuran 4×4 m dan memiliki dekorasi yang mirip dengan dekorasi penjual minuman di Thailand.

Selain menawarkan rasa, Dum Dum Thai Drinks menawarkan suasana yang membuat kamu menjadi semakin ingat dengan bagaimana rasanya mencicipi Thai tea asli di Thailand. Hampir semua minuman termasukIced Thai tea biasanya diberikan es batu sekitar 80-90% dari ukuran gelas/cup. Ukurancup minuman yang tinggi serta handle plastic di pinggiran cup minumannya memang diadaptasi dari Thai tea asli di Thailand.

Masalah rasa tidak perlu ditanya. Dum Dum menawarkan rasa yang benar-benar mirip dengan Thai tea asli dari Thailand. Semua komponen Thai tea disajikan dengan pas: dari mulai teh, krimmer, gula serta susu kental manis. Harga minuman Thai tea dibanderol sekitar Rp 25.000 per cup minuman. Kedai Dum Dum dapat ditemui di Summarecon Mall Serpong, Margo City, Pluit Village, Bay Walk Mall Pluit, Pacific Place, Senayan City, Green Pramuka Square, Kemang Village, Depok Town Square, Kota Kasablanka, Botani Square Bogor dan masih banyak lainnya.

Jadi bagaimana? Penasaran dan ingin menikmati segarnya segelas Thai tea? Yuk, segera nikmati segelas Thai tea untuk pelepas dahagamu!

 

Comments