Minuman bersoda tidak baik dikonsumsi setiap hari
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Begitu banyak cowok yang menyukai minuman bersoda alias soft drink . Sensasi soda yang menyebar di mulut dan tenggorokan membuat sebagian orang bahkan bisa meminumnya setiap hari.

Tapi gaes, minuman bersoda ternyata tak terlalu baik bagi kesehatan lantaran mengandung gula tinggi dan juga berpotensi memicu gejala refluks asam lambung seperti heartburn.

Penasaran akan bahaya konsumsi soft drink dan potensi terjadinya heartburn yuk simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Kenikmatan Mematikan dalam Minuman Bersoda 

Heatburn,  Pedih dan Panas di Dada

Heartburn adalah sensasi perih dan panas di dada yang biasa muncul di malam hari sehingga mengganggu kualitas tidur.

Menurut ahli gastroenterologi di California Selatan, Michael Santoro, MD minuman berkarbonasi mengandung gelembung CO2 yang dapat menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah sehingga menyebabkan refluks.

Sfingfer esoagus adalah otot yang melingkar di bagian bawah kerongkongan. Pada saat makan atau minum, sfingter esofagus akan rileks.

Sebaliknya, setelah selesai makan atau minum, sfingter esofagus akan menutup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Fungsinya persis seperti katup.

“Tetapi jika katupnya lemah atau melemah secara tidak normal, asam dari lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan dan bisa mengiritasi tenggorokan,” ujar Santoro.

Biasanya refluks asam lambung terjadi setelah mengonsumsi makanan berat, membungkuk, mengangkat beban berat, atau saat tidur telentang tidur di malam hari. Banyak minum minuman berkarbonasi juga dapat memicu refluks asam lambung.

Hal ini dikarenakan minuman berkarbonasi berada dalam medium asam. Oleh karenanya, konsumsi minuman berkarbonasi harus dibatasi. Sedangkan untuk mereka yang didiagnosis memiliki penyakit GERD dianjurkan menghindari minuman tersebut.

BACA JUGA: Kuliner Serangga, Santapan Masyarakat Dunia Di Masa Depan

Mengidap Penyakit Kronis

Terkena penyakit kronis menjadi bahaya konsumsi minuman bersoda berikutnya. Dengan mengonsumsi minuman bersoda setiap hari akan menimbulkan risiko terkena penyakit kronis semakin tinggi.

Bagaimana tidak, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan seseorang terkena sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, gangguan kadar gula darah dan kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut tentu bisa memicu risiko terkena serangan jantung.

Dan tahukah kalian,  mengonsumsi minuman bersoda lebih dari satu kaleng akan memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi. Selain itu juga berisiko tinggi mengidap kasdiovaskular kronis.

BACA JUGA: Sulitnya Manusia Berhenti Menyantap Makanan Sampah

Penyakit Kanker

Bahaya konsumsi minuman bersoda setiap hari yang terakhir adalah dapat menderita penyakit kanker.

Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Dengan mengonsumsi soft drink setiap hari, kalian akan berisiko tinggi mengidapnya.

Sebab, sejumlah minuman bersoda memiliki kandungan bahan kimia berbahaya benzena. Zat kimia inilah yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker.

Bagi yang belum tahu, benzena akan terbentuk saat asam benzoat tercampur dengan asam askorbat dan logam seperti tembaga atau besi.

Tercampurnya bahan-bahan berbahaya ini akan berakibat terjadinya reaksi kimia dan terbentuk lah benzena penyebab kanker.

Memang minuman bersoda terasa menyegarkan saat dikonsumsi terutama di cuaca panas. Namun, terdapat bahaya dan risiko yang mengikutinya pula.

So gaes, bijaklah dalam mengonsumsi minuman bersoda . (Sbg/Rig)

Comments