Menjalani WfH
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Pandemi virus COVID-19 membuat begitu banyak karyawan yang bekerja dari rumah atau menjalani WFH alias work from home..

Bagi mereka yang tidak terbiasa, perubahan pola kerja, menjalani WFH  untuk jangka waktu lama bisa menjadi transisi menantang.

Barangkali sudah tidak terhitung berapa sering kamu berada dalam situasi panik dan frustasi jika berkaitan dengan pekerjaan. Hal ini mulai dari hal yang sepele hingga besar.

Mode krisis juga seringkali terjadi bahkan ketika kamu telah bekerja dengan baik. Entah karena beban kerja yang berlebihan, rekan kerja yang tidak dapat berkolaborasi denganmu, atau barangkali kamu sendirilah yang membuat mode krisis terjadi. Percayalah, segala kemungkinan masih dapat terjadi.

Berikut ini adalah 3 faktor pemicu mode krisis yang harus kamu waspadai saat menjalani WFH

BACA JUGA : Kenapa sih Istri Jadi Bawel selama Kerja di Rumah? 

Coba perhatikan lagi apakah apakah kamu sering menunda pekerjaan saat menjalani WFH. Lakukanlah evaluasi pada diri sendiri sebelum kamu mengkritik orang lain.

Apakah kamu pernah mengerjakan pekerjaan yang seharusnya bisa segera kamu selesaikan tapi memilih untuk mengerjakannya di lain waktu?

Ketika kamu terbiasa menjadi deadliner, maka mode krisis adalah alarm yang paling dekat denganmu setiap hari.

Bayangkanlah ketika kamu berhasil mengerjakan pekerjaan secara lebih cepat, kamu pun akan memiliki waktu tambahan untuk dapat membereskan masalah di luar ekspektasimu.

BACA JUGA : Please, Jangan Rebahan Saat Bekerja dari Rumah

Tidak Memiliki Prioritas

Menjalani WFH bukan berarti tidak menentukan Skala prioritas terhadap pekerjaan. Percayalah sangat penting untuk menggunakan waktu dengan bijak agar kamu dapat menyelesaikan pekerjaan.  Bukan hanya berkaitan erat dengan produktivitas, tapi juga efektivitas dan efisiensi waktu.

Ketika kamu tidak dapat menentukan skala prioritas, kamu pun juga akan merasa kebingungan dalam mengatasi beban kerja.  Kamu akan mulai merasa frustasi dan banyak pekerjaan akan terlantar.

BACA JUGA : Tak Semua Orang Menikmati Kebiasaan Kerja dari Rumah

Tidak Memperhatikan Informasi Penting dari Rekan Kerja

Hal lain yang dapat membuatmu terkena mode krisis  bila terlalu santai menjalani WFH adalah kehilangan informasi dari rekan kerjamu.

Kamu pun sebaiknya mendengarkan ketika rekan kerja tengah berbicara denganmu. Ketika kamu merasa lengah, informasi tersebut pun tidak dapat diserap dengan baik.

Ketika kamu kekurangan informasi, alhasil pekerjaanmu pun tidak dapat diselesaikan secara optimal. Lebih parahnya lagi, jejak karirmu akan tercemar dan berdampak pada kinerja yang semakin menurun.

Untuk itu, pastikan kamu menyimak dengan seksama informasi penting yang disampaikan oleh rekan kerjamu saat WFH. Jika dirasa perlu, kamu dapat mencatatnya dalam buku catatanmu. (Sbg/Vania)

Comments