ayah

Sabigaju.com – Jika kita sering menonton film, umumnya tokoh lelaki masa kini kerap digambarkan memiliki istri dan anak, punya pekerjaan mapan, dan kemampuan finansial yang cukup. Namun hanya memiliki sedikit waktu untuk bercengkrama bersama anak-anak mereka.

Berbeda dengan di dunia nyata, soalnya belum lama ini Today.com melakukan sebuah penelitian terhadap 2000 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang membuat sosok ayah begitu penting di era modern ini.

Lewat survey tersebut di dapat jawaban sebanyak 54 persen dari responden yang mayoritas pria berumah tangga mengaku sering menggantikan popok anak-anaknya.

Hal ini menunjukan bahwa saat ini begitu banyak ayah yang ingin merasa dekat dengan anak-anak mereka. Menurut mereka, mengganti popok adalah satu hal yang dapat menciptakan kedekatan dengan anak. Hal itu juga merupakan bagian dari tanggung jawab secara moral untuk keluarga di era modern saat ini.

Hal ini menggambarkan bahwa para pria saat ini merasa keinginan untuk dapat mengikuti perkembangan sang buah hatinya sendiri.

Pria Masa Kini Berbagi Tanggung Jawab dengan Istri

Hal lain yang cukup menarik dari dikeluarkannya survei tersebut adalah, sebanyak 48 persen responden mengaku bahwa urusan keuangan keluarga tidak hanya ditanggung oleh pria. Mereka beranggapan masalah finansial secara imbang antara suami dan istri.

Pandangan modern ini belum sepenuhnya dapat diterima oleh masyarakat di tanah air. Sebab umumnya masyarakat di tanah air masih banyak yang berpandangan bahwa tugas pria sebagai kepala rumah tangga adalah menafkahi dan membiayai keluarga.

Ayah Masa Kini Lebih Dekat dengan Anak

Dari survey tersebut juga menunjukkan bahwa saat ini lebih banyak pria yang menghabiskan waktu bersama anak.

Hal ini didapat lewat gambaran di mana sebanyak 30% pria berumah tangga mengatakan bahwa mereka melakukan berbagai kegiatan, termasuk berbelanja untuk keluarga.

Sementara sebanyak 26% responden yang umumnya pria mengatakan mereka bertugas menyiapkan makanan untuk disantap bersama para anggota keluarga.

Kesimpulan yang diambil dari survei ini adalah, para pria merasa bahagia saat menjalani tugasnya sebagai seorang ayah.

Para pria berpandangan bahwa menjadi sosok ayah adalah hal penting dalam hidup anak-anak mereka. Di era modern ini, sosok ayah ideal tidak lagi dinilai dengan seberapa banyak uang yang dia bawa ke rumah, tetapi berapa banyak waktu yang dihabiskannya bersama anak tercinta.

Memang Telah Terjadi Pergeseran Peran Ayah di Masyarakat

Menanggapi soal figur ayah di era modern ini bukan tidak punya muasal. Konsultan asal Yale School of Medicine, Amerika Serikat yang juga penulis buku Fatherneed: Why Father Care Is as Essential as Mother Care for Your Child, Kyle Pruett memandang bahwa pergeseran soal sosok ayah mencapai titik kritis pada era 1980-an.

Kyle mengatakan, “Saat itu ada perubahan yang menarik, di mana para pria lebih menginginkan waktu lebih lama bersama anak-anaknya di rumah. Sementara kaum perempuan banyak memiliki pikiran terbuka yakni keinginan untuk menjadi wanita karier”.

Ditambahkan pula oleh Kyle yang mengatakan bahwa perubahan tersebut itu membuat pandangan tentang sosok ayah menjadi luas. “Para ayah punya peran dalam membina anak-anaknya, dan banyak anak-anak yang berharap hadirnya sosok ayah dalam kehidupan mereka”.

Nah jika Anda seorang lelaki, sosok pasangan dan orang tua idaman seperti apakah yang ingin Anda wujudkan terhadap buah hati Anda? (Sbg/Rig)

Comments