Sabigaju.com – Sebuah perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition, baru-baru ini merilis sejumlah temuan berdasarkan survei bertajuk Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik. Tujuan diadakannya survei tersebut adalah untuk mengetahui pola sarapan pagi dan kebiasaan konsumsi makanan bagi konsumen di Asia Pasifik.

Mayoritas Responden Memahami Pentingnya Sarapan

Survei ini telah dilaksanakan pada Februari 2018 lalu serta diikuti oleh lebih dari 5.500 responden yang tersebar dari berbagai negara Asia Pasifik. Negara ini meliputi: Australia, Indonesia, Jepang, Hong Kong, Korea, Malaysia, Singapura, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Menurut Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition, Andam Dewi, hasil survei menemukan bahwa mayoritas responden rupanya memahami akan pentingnya sarapan pagi sehat dalam meningkatkan kesehatan serta mengelola berat badan. Sedangkan di Indonesia, mayoritas responden (72%) setuju bahwa sarapan di pagi hari adalah waktu makan yang terpenting jika dibandingkan dengan makan siang dan makan malam.

Baca juga: Referensi Tempat Favorit untuk Sarapan di Jakarta

Mengenai tempat menyantap sarapan, mayoritas responden (88%) menyantap sarapannya di rumah. Sedangkan 5% responden menyantap sarapan di kantor dan 3% lainnya menyantap sarapan di jalan menuju ke kantor.

Sebenarnya, sangat banyak manfaat yang akan didapat ketika kita rajin mengonsumsi sarapan sehat rutin setiap hari. Sarapan sehat dengan nutrisi yang seimbang bukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita dalam satu hari saja, namun dalam jangka panjang. Kebiasaan baik itu dapat membantu kita dalam menjaga metabolisme tubuh agar tetap prima serta membantu mengelola berat badan.

Ilustrasi pexels
Termotivasi untuk Sarapan secara Rutin

Hasil survei juga menyatakan bahwa 7 dari 10 konsumen di Indonesia melakukan sarapan setiap hari. Dengan kata lain, 29 persen mengaku melakukan sarapan tidak setiap hari dalam seminggu.

Meskipun demikian, dari total responden yang tidak sarapan rutin tiap hari, 76 persen mengaku akan memotivasi diri untuk melakukan sarapan secara rutin. Menurut filosofi Herbalife Nutrition, asupan kalori setiap porsi makan sebaiknya terdiri dari 40% karbohidrat, 30% protein, 30% lemak dan 25 gram serat. Akan lebih baik lagi jika diimbangi dengan 8 gelas air minum untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hambatan dalam melakukan sarapan secara rutin adalah anggapan kebutuhan kalori dapat dipenuhi nanti atau menunda sarapan (47%), menjaga berat badan (22%), tidak merasa lapar di pagi hari (18%) serta keterbatasan waktu (13%). Jadi, sudahkah kamu sarapan tadi pagi, Sobat Sabi? (Sbg/Van)

Comments