Trail Running
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Bagi masyarakat awam, olahraga trail running ini termasuk olahraga yang baru didengar.

Barangkali, kamu pun baru pertama kali mendengarnya. Nah, trail running sendiri adalah perpaduan olahraga lari dan hiking dengan trek hiking.

Menaklukan trek hiking dengan medan sulit seperti perbukitan dan hanya ditempuh dengan berjalan saja tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan hati-hati.

Belum lagi, jika kamu melakukannya dengan dengan berlari. Nah, ternyata dibalik ekstremnya olahraga ini, terdapat pula manfaat yang kamu perlu tahu. Apa saja manfaatnya itu? Berikut ini ulasan mengenai manfaat olahraga ekstrem yang satu ini.

BACA JUGA: Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pelari Pemula 

Melatih Jantung dengan Sangat Baik

Berbeda dengan jogging atau road running, trail running ini tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Trail running biasanya dilakukan di atas jalur trek hiking yang berbeda.

Trek hiking yang tidak datar atau cenderung berbukit dan berbatu yang digunakan sebagai jalur, tentu membuat otot jantung harus bekerja lebih keras lagi pada saat melewati trek hiking ini.

Banyaknya variasi trek saat berlari dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular secara berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa olahraga Trail Running sangat baik untuk jantung.

BACA JUGA: Ingin Turunkan Berat Badan? Kamu Harus Coba Latihan HIIT 

Risiko Cedera Menurun

Sebagai olahragawan, cedera merupakan musuh terbesar. Barangkali, ini juga berlaku untukmu yang ingin mencoba trail running. Ternyata olahraga ini dapat menurunkan risiko cedera saat melakukannya.

Bagaimana bisa risiko cedera dapat berkurang apalagi dengan trek yang dilaluinya tidak biasa?

Nah, rupanya dengan adanya berbagai jenis trek yang dilalui, maka membuat ligamen dan tendon di sekitaran sendi pergelangan kaki, tangan, lutut, dan pinggul semakin kuat.

Hal ini membuat resiko cedera saat berlari yang mungkin terjadi pada kalian akan berkurang.

BACA JUGA: Performa Jogging Kamu Bakal Meningkat dengan Sepatu Mahal

Manfaat Lari dan Squat Didapatkan Sekaligus

Ketika kamu melakukan olahraga ini tidak hanya manfaat lari yang didapatkan tetapi manfaat squat pun didapatkan. Medan yang berbukit tersebut membuatmu harus turun naik bukit.

Hal ini membuat otot paha dapat bekerja dengan baik. Nah, terutama pada saat turun, paha depan mempunyai tugas untuk mengerem.

Dalam satu waktu, kalian mendapatkan manfaat dari berlari dan juga squat. Bagaimana, saat bermanfaat sekali bukan?

Kamu dapat memetik manfaat trail running saat berlari atau squat secara sekaligus.

BACA JUGA: Ragam Khasiat Tren Jalan Kaki Ala Nordic Walking

Mampu Membakar Kalori Lebih Banyak

Bagi kalian yang ingin memiliki badan proposional, olahraga ini dapat kamu jadikan sebagai salah satu alternatifnya.

Trail Running ini dapat membakar kalori yang banyak. Penelitian menunjukan bahwa dengan kalian berlari di trek perbukitan dapat membakar 10% kalori lebih banyak daripada road running. (Sbg/Vania)

Comments