Membeli Kebahagiaan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Selama ini kita dijejali dengan anggapan kalau uang yang kamu punya tidak bisa membeli kebahagian berapapun banyaknya. Namun, kenyataanya banyak orang yang merana dan tak bahagia lantaran tidak punya uang.

Disisi lain mereka yang berkecukupan dan punya cukup tabungan sering mengalami kesulitan dalam menikmati uang hasil jerih payahnya sehingga lebih fokus untuk mencari dan terus mencari uang yang lebih banyak lagi.

Sekali lagi, dapatkah kita membeli kebahagiaan dengan uang?

BACA JUGA: Stop Menghabiskan Banyak Uang Hanya untuk Bikin Orang Terkesan

Cara Membeli Kebahagiaan dengan Uang

Setiap orang ingin mencoba lebih bahagia dalam hidup dengan berbagai cara. Kebanyakan di antaranya mereka mencari kebahagiaan dengan berusaha membeli kebahagiaan ataupun kenyamanan.

Dalam sebuah podcast Harvard Business Review, profesor Harvard Business School Ashley Whillans mengungkap sesuatu yang tidak disadari banyak orang.

Berbicara mengenai kebahagiaan, Ashley mengungkap bahwa menggunakan uang untuk membeli lebih banyak waktu luang terbukti membuat orang lebih bahagia.

Salah satu contoh yang tidak disadari banyak orang dimana uang bisa membeli kebahagiaannya adalah dengan memanfaatkannya untuk membayar orang lain atau mesin untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga daripada melakukannya sendirian.

Dengan begitu kamu punya banyak waktu lengang karena tidak mencuci baju atau menyapu rumah.

BACA JUGA: Gaya Hidup Latte Factor, Boros dan Bikin Keuangan Hancur

Hal lain skala yang lebih besar, uang bisa membuat hati lebih bahagia dengan cara membeli atau menyewa rumah yang lokasinya dekat kantor sehingga tak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan.

Namun, banyak orang memilih untuk melewatkannya karena tentu tak mau mengeluarkan uang lebih banyak.

Berdasarkan penelitian, Ashley melihat, sebagian orang merasa bersalah. Misalnya saja ketika harus menyuruh orang lain mencuci atau membersihkan rumah meski tahu itu bisa memberi mereka kenyamanan dan kebahagiaan lebih.

Walau demikian, nampaknya kebanyakan orang memang suka menggunakan uang mereka untuk membeli kebahagiaan dengan lebih banyak waktu luang.

BACA JUGA: Aktif Bergaul itu Keren, Tapi Boros dan Bikin Mudah Berutang

Hal Penting Sebelum membeli Kebahagiaan

Ashley mengingatkan, sebelum memutuskan untuk menyewa rumah dekat kantor atau membeli makanan daripada memasak tanyakan pada diri sendiri, ‘Apakah uang ini mengubah cara seseorang menggunakan waktu luang.

“Hanya dengan hal simpel seperti berpikir menggunakan uang untuk punya lebih banyak waktu bebas terlihat bisa membuat orang merencanakan waktu mereka sedikit lebih baik. Jika aku ingin mengeluarkan biaya ini untuk waktu bebas lebih banyak, maka aku akan memastikan aku benar-benar menikmati waktu bebas yang aku punya,” pungkas Ashley

Hm, meski bukan sultan alias tajir melintir, kamu bisa membeli kebahagiaan dengan uang seperti paparan diatas. Tapi,  pastinya nggak murah yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments