Sabigaju.com – Sejumlah vokalis band ternama di Tanah Air ini memilih “hijrah” dari kehidupan mereka yang lama sebagai seorang musisi yang hidup penuh kilau gemerlap panggung hiburan berpindah untuk ke tempat yang lebih menentramkan hati.

Menurut KBBI, hijrah /hij·rah/1n perpindahan Nabi Muhammad SAW bersama sebagian pengikutnya dari Mekah ke Medinah untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy, Mekah; 2v berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih baik dengan alasan tertentu (keselamatan, kebaikan, dan sebagainya);

Fenomena vokalis band yang memilih untuk berhijrah bahkan hingga berhenti bermusik karena alasan mendalami ajaran agama di Tanah Air nampaknya makin bertambah dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut deretan vokalis band kenamaan Indonesia yang memilih  hijrah untuk mendalami agama, seperti dihimpun Sabigaju dari berbagai sumber.

1. Hijrah jadi Pilihan Bjah ex The Fly

Media ramai memberitakan sosok Bjah eks vokalis The Fly. Penampilan pria bernama lengkap Muhammad Hamzah itu kini sudah berubah total.

Bjah mengaku sudah hijrah dari musik dan kini mulai tekun mendalami agama Islam. Dia mengaku mendapatkan inspirasi dari seorang driver taksi online.

Menurut Bjah Waktu itu, sopir taksi online tersebut sedang memutar video kajian Ustaz Hasan Basri. Setelah ikut menonton, Bjah menjadi sadar bahwa perjalanan hidupnya penuh dengan dosa.

Setelah berhijrah, Bjah sekarang tak pernah melupakan kewajibannya sebagai muslim. Salat dan puasa sunnah menjadi rutinitas. Tak lupa, Bjah juga selalu melakukan zikir saat ada kesempatan.

Pasca hijrah, Bjah mengaku tetap dapat banyak tawaran untuk balik ke dunia hiburan. Namun pria berusia 42 tahun itu telah memantapkan hatinya untuk istikomah dan ingin fokus untuk membenahi hidupnya dengan meninggalkan dunia hiburan, terutama musik.

2. Ucay Ex Rocket Rockers

Ucay adalah frontman dari band pop punk Rocket Rockers, yang memulai kiprahnya pada tahun 1998.

Cowok bertubuh gempal ini membangun Rocket Rockers sejak pertama kali berdiri pada 1999 silam. Selama hampir 13 tahun, Ucay bersama Aska (Gitar/vokal), Lowp (Gitar), Bisma(Bas), Ozom (Drum), dan Donny (Ex-Drummer).

Manggung di berbagai kota di Indonesia hingga Eropa pernah ia jalani bersama band yang membesarkan namanya tersebut. Namun, Ucay memutuskan untuk meninggalakn Rocket Rockers pada 1 Januari 2013.

Ucay tergerak untuk hijrah ketika berada di tempat yang tak disangka, yaitu club malam. Mantan vokalis Rocket Rockers ini merasa galau bermusik sejak kerap bandnya itu diundang manggung di klab malam. Ucay semakin lama semakin resah melihat banyak orang mabuk-mabukan dan tak kenal ajaran agama.

“Saya merasa kegiatan saya ini (main musik) mulai bertabrakan dengan agama saya, yaitu Islam,” kata pria bernama lengkap Noor Al-Kautsar ini.

Pasca berhijrah dan stop bermusi, kini, Ucay sibuk berbisnis clothing brandnya yang bernama FYC, yang memproduksi sneakers, t-shirt, dan beberapa produk lifestyle anak muda lainnya.

Lantas, siapa lagi vokalis band yang memilih untuk hijrah? Simak selengkapnya dalam bagian kedua artikel ini. (Sbg/Rig)

Comments