Mengalami Gangguan Mental
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Saat seseorang mengalami gangguan mental atau  psikis, penangannya tidaklah semudah seperti  saat tubuh mengalami gangguan kesehatan

Oleh karenanya, tak mengherankan kalau banyak dari kita yang kerap berdoa agar tidak terkena jenis penyakit tersebut.

Namun, kalau kamu mungkin merasa sedang mengalami gangguan mental yang membuat keadaan psikis  menjadi kacau balau, jangan diam saja dan jangan tunda-tunda!

Langsung saja lakukan 5 hal berikut ini bila kamu merasa mengalami gangguan mental:

Langsung Temui Psikiater

Saat kamu merasa mengalami gangguan gangguan mental, kamu tidak bisa mendiagnosanya secara langsung  seorang diri. Itu termasuk ketika kamu meminta bantuan informasi lewat “Mbah” Google.

Menurut psikolog, Dr. Paulette Sherman, 1-2 gejala yang kita derita juga bisa terjadi di penyakit mental lainnya. Dan jika kamu masih memaksakan untuk bergantung pada Google, bisa membuatmu mengalami proses misinformasi yang sangat fatal.

Oleh karenanya langsung saja deh berkinsultasi terhadap psikolog / psikiater terdekat.

BACA JUGA: Benarkah Pekerja Kreatif Rentan Terkena Gangguan Mental?

Jangan Langsung Main Menyimpulkan

Hampir 11-12 dengan poin pertama, intinya janganlah kita langsung main menyimpulkan kalau kita sedang mengalami gangguan mental atau menyimpulkan kita terkena anxiety disorder.

Pasalnya menurut Sherman, untuk mendiagnosa / menyimpulkan penyakit mental yang diderita, harus melalui pengamatan berhari-harI atau bahkan berminggu-minggu.

Karena gejala di hari pertama belum tentu akan berlanjut di hari kedua atau ketiga. Atau, di hari selanjutnya, akan timbul gejala berbeda lainnya. Jadi yap. Daripada menerka-nereka tak karuan, langsung saja temui psikiater.

BACA JUGA: Begini Bedanya Naksir dengan Gangguan Jiwa Erotomania

Banyak Melakukan Research

Ketika kita sedang merasa mental kita tidak beres pun, kita j harus melakukan riset tentang gejala yang kita alami.

Atau lebih baik lagi, di keadaan kita yang sedang sehat wal’afiat seperti sekarang, cobalah untuk mulai membaca-baca buku atau artikel mengenai berbagai macam gangguan mental.

Dengan demikian, kitapun akan tidak merasa panik saat mengalami gangguan mental

Jangan Takut Untuk Bertanya dan Sharing dengan Orang Dekat

Bagi  pria,  melakukan sesi curhat ketika kita sedang mengalami kesusahan diri terutama, gangguan mental bukanlah hal yang mudah dan enak untuk dilakukan.

Tapi a menurut Dr. Sherman, dengan kita sharing keadaan kita ini dengan sahabat terdekat, justru akan membuat teman / sahabat menjadi lebih dekat dan tentunya pengertian banget dengan kita.

Selain itu, dengan melakukan ini, nantinya kita akan bisa melihat sendiri apakah ia mau untuk menolong kondisi kita layaknya seorang sahabat yang seharusnya?

BACA JUGA: Hiperaktif di Social Media Bisa Bikin Kamu Kena Gangguan Jiwa 

Jangan Sharing Di Media Sosial

Zaman  ini hampir segala sesuatu bisa dijadikan bahan untuk diunggah ke media sosial. Maka tidak heran apabila kita juga sering banget melihat unggahan-unggahan posting dari seseorang yang mengalami gangguan mental atau yang baru akan (masih paranoid), yang secara gamblang menceritakan seluruh kondisi yang sedang dirasakannya.

Mungkin awalnya tindakan ini terlihat positif. Maksudnya, dengan menceritakan gangguan yang sedang dirasakan, ia berharap banget akan ada salah satu dari temannya yang bisa membantu dirinya.

BACA JUGA:  Menyorot Kondisi Mental Illness yang Dialami Joker

Tapi menurut Dr. Sherman, di saat yang sama, tindakan ini juga memiliki sisi negatif yang justru akan merugikan kita nantinya.

Spesifiknya, adalah “troll” atau “polisi internet”, yang malah nantinya menghakimi atau meledek kita.

Alhasil, kita pun akan menjadi makin bingung dan depresi dengan keadaan penyakit mental yang sedang diderita. Dan kalau sudah parah, tentunya hal ini akan berbahaya banget bagi kondisi kita.

Jadi sebisa mungkin hindarilah untuk sharing keadaan kita ini di media sosial ya! (Sbg/Rig)

Comments