Banyak karyawan yang kini merasa ketakutan kehilangan pekerjaan,
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Memasuki masa new normal  saat ini, banyak perusahaan yang mulai kembali beroperasi. Namun tak sedikit karyawan yang malah merasa ketakutan kehilangan pekerjaan.

Soalnya saat ini banyak perusahaan yang terpaksa untuk merumahkan bahkan melakukan PHK pada sebagian karyawannya lantaran terdampak pandemi..

Tentunya hal ini bikin banyak karyawan merasa ketakutan, apakah mereka termasuk dalam salah satu yang akan mengalami pemutusan hubungan kerja di masa new normal ini

Satu hal yang perlu diketahui adalah saat kita bekerja dengan rasa takut akan kehilangan pekerjaan,  tentunya menimbulkan perasaan yang tidak baik bagi para karyawan.

Merasa ketakutan akan membuat karyawan menjadi tidak semangat dalam bekerja sehari-hari dan bisa saja malah menjadi tidak produktif.

Nah buat kamu para karyawan or pekerja kantoran, Sabigaju.com mau kasih beberapa tip meredam rasa ketakutan akan kehilangan pekerjaan selama masa new normal berikut ukasanya:

BACA JUGA: Lima Cara Memperbaiki Keadaan Ketika Hampir Dipecat 

1. Mengakui ketakutan

Saat begittu banyak  terjadi PHKwalau merasa takut, ada banyak orang yang berusaha untuk berpura-pura tidak merasa takut. Biasanya hal ini dilakukan supaya tidak merasa terlalu kepikiran dan terbebani dengan hal tersebut.

Padahal, menyembunyikan rasa takut tidak membuat segala sesuatunya jadi baik-baik saja. Kalian akan menjadi lebih tertekan karena harus menyembunyikan perasaan tersebut.

Cobalah untuk mengambil waktu berdiam diri dan mengakui semua ketakutan tersebut. Kalian bisa mencoba menuliskannya dalam sebuah jurnal, bercerita pada teman yang dipercayai, atau pergi ke terapis jika memang kalian memerlukannya.

Kalian akan merasa lebih tenang menghadapi hal ini karena kalian tidak sendirian.

BACA JUGA: Sederet Film Inspiratif Buat Kalian yang Memulai Wirausaha

2. Bicarakan dengan Atasan Hal Apa yang Bisa Kamu Lakukan

Untuk menghindari PHK, maka bicarakan dengan atasan hal apa yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki situasi yang ada dan meningkatkan performa kerja kalian.

Dengan menjadi sosok yang aktif dan berpartisipasi di dalam perusahaan, maka kalian akan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk di PHK.

Dengan membicarakan perihal ini kepada atasan, maka atasan juga akan tahu bahwa kalian sosok yang loyal terhadap perusahan, aktif mengetahui apa yang diperlukan oleh perusahaan dan lain sebagainya yang menambah nilai positif.

BACA JUGA: Ternyata, Dipecat Bukan Berarti Kiamat! 

3. Temukan Hal dan Upaya Lain Jika Kehilangan Pekerjaan

Saat kamu sudah mulai merasa ketakutan, maka itu merupakan pertanda bagi kalian untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk.

Kamu harus memulai untuk mencari tahu hal apa yang bisa membantu untuk tetap bertahan jika memang kalian harus kehilangan pekerjaan tersebut.

Mulailah untuk memperbarui resume kalian, akun LinkedIn, menambah keahlian dan ilmu dengan mengikuti seminar secara online, mencari lowongan pekerjaan baru untuk berjaga-jaga dan mencari mentor profesional untuk tempat kalian berlatih.

Jangan lupa untuk menabung sehingga ketika dalam keadaan jobless, kalian masih memiliki uang untuk pegangan hidup.

Kalian perlu terus mengembangkan kemampuan dan kapasitas diri, maka jika kemungkinan terburuk terjadi dan kalian harus mengalami pemutusan hubungan kerja, maka kalian bisa bertahan menghadapinya. (Sbg/Rig)

Comments