Menyimpan Rahasia
(Foto: freepix.com)

Sabigaju.com – Ada Banyak orang yang rupanya menyimpan rahasia tertentu Entah itu berkaitan dengan diri sendiri ataupun orang lain hingga bertahun-tahun lamanya. Padahal seketat apapun rahasia yang disimpan, padan kenyataannya lebih sering terungkap.

Nah, kamu harus tau nih kalau ternyata kebiasaan menyimpan rahasia orang lain, meskipun punya manfaat yang besar, tapi hal itu membebani mental.

Menyimpan rahasia dapat menimbulkan efek yang sangat negatif pada tubuh dan pikiran bahkan hubunganmu dengan pasangan. Simak ulasannya berikut ini

Menyimpan Rahasia Buruk untuk Kesehatan Mental

Dalam sebuah studi penelitian yang dipimpin oleh Dr Michael Slepian dari Columbia University menyimpulkan agar kesejahteraan mental tetap terjaga, ada kalanya curhat soal rahasia pada seseorang justru lebih bijak.

Menurut peneliti, bukan rahasianya yang memberatkan, melainkan seberapa sering Anda memikirkan rahasia tersebut.

Terutama jika kamu merasa suatu rahasia bertentangan dengan prinsip hidup, misalnya, ketika merahasiakan seorang teman berselingkuh, sedangkan Anda tahu pasangannya itu orang yang baik.

BACA JUGA: Gaes, Sederet Rahasia yang Kerap Disembunyikan Pasanganmu

Bahkan, rahasia yang tidak terlalu kamu pikirkan sekalipun jika berpotensi menyakiti orang lain atau membuat Anda jadi sulit spontan menjadi diri sendiri juga bisa menggerogoti kesehatan.

Selain itu, Dr Slepian menemukan bahwa rata-rata orang punya 13 rahasia dan lima di antaranya tak pernah diungkap. Itu saja sudah berat, apalagi harus ditambah rahasia orang lain.

Ketika kita menyimpan rahasia, kita tidak membiarkannya berfungsi dengan baik dan dengan demikian menekankannya. Dengan kata lain, menjaga rahasia benar-benar bertentangan dengan apa yang tubuh kita secara fisiologis dirancang untuk dilakukan.

Tampaknya, menurut penelitian Slepian,  Saat seseorang menyimpan sebuah rahasia, maka orang itu bakal sering memikirkannya. Dan saat seseorang semakin sering memikirkan rahasia , semakin buruk perasaan mereka.

Terutama jika mereka merasa tidak otentik dan seperti mereka menyembunyikan siapa mereka sebenarnya.

BACA JUGA: Dear Cowok Kantoran, Nih, Rahasia untuk Mencapai Karir dan Kesuksesan

Menyimpan Rahasia Bisa Merusak Hubungan

Selain buruk untuk kesehatan mental menyimpan rahasia juga bisa merusak kepercayaan yang dibangun dalam hubungan.

Studi yang dikembangkan oleh Slepian juga  menemukan jika semakin banyak rahasia yang disimpan seseorang dari pasangan, maka kemungkinan salah paham yang terjadi dalam hubungan tersebut akan semakin besar.

Menurutnya, jika  kepercayaan adalah pondasi terpenting dalam hubungan. Nah, kalau  pasangan hilang rasa percaya karena adanya rahasia di dalamnya, cepat atau lambat hubungan ini akan terasa berbeda. Cepat atau lambat hubungan yang dibangun juga akan terasa menyakitkan.

Saat pasangan tahu orang yang dicintainya menyimpan rahasia darinya, ia akan merasa dikhianati.

BACA JUGA: Rahasia Manajemen Waktu yang Bikin Hidupmu Bahagia

Anggapan pengkhianatan inilah yang kemudian bisa dengan mudahnya merusak harmonisnya hubungan.

Terlebih jika yang dirahasiakan ternyata menyangkut hal yang sangat sensitif seperti keuangan, kebiasaan buruk seperti berjudi, atau perselingkuhan. Apabila hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan kepercayaan dari pasangan.

So,  daripada berusaha keras untuk menyimpan rahasia, akan jauh lebih baik jika kamu dan pasangan sama-sama belajar untuk berkomunikasi secara jujur dan terbuka. (Sbg/Rig)

Comments