Kekerasan Terhadap Pria
Hingga kini kekerasan terhadap pria seakan tidak pernah terekspos? Ini bisa jadi karena media kurang menyoroti kekerasan terhadap pria dalam sebuah hubungan asmara ataupun rumah tangga.

Sabigaju.com – Kekerasan- entah itu dalam rumah tangga atau dalam pacaran- seringkali hanya santer untuk kaum perempuan. Tapi apa kekerasan terhadap pria tak pernah terjadi dalam hubungan?

Memang sih, banyak sekali laporan yang menyebutkan bahwa perempuan jadi korban kekerasan secara fisik, psikis maupun verbal.

Namun, mengapa kekerasan terhadap pria seakan tidak pernah terekspos? Ini bisa jadi karena media kurang menyoroti kekerasan terhadap pria dalam sebuah hubungan asmara ataupun rumah tangga..

Atau, bisa jadi juga kaum prianya lah yang sengaja menyembunyikan kekerasan dalam hubungan yang menerpanya. Karena apa? Tentu saja karena ia adalah “pria”.

BACA JUGA:

Banyak Kasus Kekerasan Terhadap Pria

Pria memang sudah dilabeli sebagai kaum yang kuat. Jadi, malu dong, kalau ia justru sebagai korbannya. Padahal, bukan berarti ini tidak bisa terjadi pada mereka, kan?

Ada sebuah riset yang mengatakan bahwa wanita mengalami kekerasan domestik tiga kali lebih banyak dari pria. Tapi nyatanya, hasil riset ini terbukti belum akurat. Ada kemungkinan bahwa kekerasan terhadap pria sama banyaknya, atau bahkan lebih banyak dari perempuan.

Kekerasan Terhadap Pria
(Foto: Battered Men)

 

Karena alasan maskulinitas itulah yang akhirnya pria yang menjadi korban kekerasan tidak begitu terekspos. Parahnya, hukum yang menaungi korban pria juga dikritik oleh beberapa pihak kurang adil pada kenyataannya. Pihak berwajib kurang respon terhadap adanya laporan kekerasan terhadap pria.

Lantas bagaimana kalau kekerasan dalam hubungan menghampiri kamu?

Sama halnya dengan kekerasan yang dialami wanita, kamu harus speak up! Jangan malu hanya karena kamu laki-laki. Ini bukan soal gender. Ingat bahwa hukum menaungi semua kalangan, termasuk kamu.

Jangan Diam!

Kamu harus melapor pada pihak berwajib, atau minimal menceritakannya pada kerabat terdekat agar mendapat pertolongan. Jika memang ini juga melukai psikis kamu, kamu bisa berbagi pada mereka atau mencari bantuan medis jika memang diperlukan.

Kekerasan Terhadap Pria
(Foto: Survivingdivorce.co.uk)

Kekerasan terhadap pria ini fenomena nyata. Jangan sampai diskriminasi masyarakat dan justifikasi mereka menghalangi kamu untuk speak up. Ingat bahwa diskriminasi gender juga bisa melukai kaum pria.

Feminisme yang sontar ada belakangan ini pun bukan hanya untuk kaum perempuan, tapi juga bisa memfasilitasi kaum pria terkait kekerasan sekalipun. Jadi kamu tak perlu takut ya, Sob! (Sbg/Dinda)

Comments