Menopause
(Foto: Tomada de la Red/frontera.info)

Sabiagaju.com – Menopause seringkali diidentikkan dengan wanita. Menopause pada wanita adalah fase di mana mereka akan berhenti menstruasi pada usia 30an hingga 40 tahun.

Pada wanita, menopause biasanya ditandai dengan berhentinya menstruasi dan perubahan fisik serta psikologis. Menopause juga sering menjadi tanda bahwa wanita tak lagi subur atau bisa lagi hamil karena usianya yang mulai menua.

Lantas, apakah menopause juga bisa terjadi para pria?

BACA JUGA: Sederet Makanan yang Bisa Mencegah Wajahmu Terlihat Tua di Face App

Menopause pada Pria

Dikutip Sabigaju dari situs informasi kesehatan Health Line, menopause pada pria artinya turunnya kadar testosteron seiring bertambahnya usia.

Menurut Mayo Clinic, kadar testosteron pada pria akan memuncak pada usia remaja dan awal kedewasaan.

Namun setelah usia 30 tahun, testosteron mereka menurun sebanyak 1 persen tiap tahunnya. Hingga pada usia 70 tahun, pria akan kehilangan level testosteron sebanyak 50 persen.

Bedanya dengan Wanita?

Pada wanita, menopause sering menjadi tanda penuaan dan terjadi secara alami. Namun menopause pada pria bukan hanya tanda penuaan, tapi ada pula faktor lain yang bisa membuat kadar testosteron mereka turun.

Menopause pada pria juga bisa berlangsung lama, yakni selama sepuluh tahun. Sedangkan wanita terbilang cepat.

Tak hanya itu beberapa perbedaan penilaian soal rendah tidaknya kadar testosteron membuat para ahli lebih cenderung menyebut menopause ini sebagai andropause. Ini disebut sebagai kondisi di mana pria kehilangan androgen ketika mulai menua.

Yup, kita mulai beralih ke pemakaian kata andropause. Ketika mengalami andropause, pria sering mengalami beberapa gejala yang cukup merugikan lho.

BACA JUGA: Awas Gaes! Gaya Berpakaian Ini Bikin Kamu Terlihat Lebih Tua 

Libido Rendah

Turunnya testosteron membuat kamu kurang bergairah. Tak hanya itu, akan terjadi disfungsi ereksi dimana kamu akan kesulitan mencapai ereksi dan mempertahankannya. Akibatnya, jumlah sperma pun akan turun.

Depresi dan Insomnia

Jangan heran kalau kamu nantinya akan mudah marah, tersinggung, sedih, sulit mengendalikan suasana hati.

Kamu juga akan kesulitan tidur dan malah lebih banyak tidur di siang hari. Ini karena testosteron juga berperan untuk mengendalikan suasana hati.

BACA JUGA: Kecenderungan Merasa Lebih Tua, Bisa Bergantung Dimana Kamu Berada

Kepadatan Tulang

Udah bukan rahasia lagi kalau orang lanjut usia itu kepadatan tulangnya akan menurun. Gejalanya fisiknya tak terlihat sampai kamu nantinya akan mudah patah tulang saat terjatuh. Itu sebabnya, ada baiknya kamu rajin skrining untuk memastikan kepadatan tulang ya.

Energi Melemah

Kamu juga akan mudah lelah. Kamu akan kesulitan menemukan energi sehat sehingga sulit pula beraktivitas layaknya pria muda.

BACA JUGA: Lima Kebiasaan Fatal yang Bisa Bikin Cowok Cepat Tua

Lemak Perut

Testosteron juga berperan dalam penimbunan lemak. Ketika level testosteron turun, lemak akan banyak tertimbun di perut. Ketika itu pula enzim yang ada pada lemak mengubah testosteron menjadi estrogen. Makin hilang saja lah testosteronmu.

Well, walau ini pasti akan terjadi di hampir semua pria, kamu harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Jangan lupa juga untuk rajin skrinning kesehatan ya! (Sbg/Dinda)

Comments