Menonton film bisa menjadi terapi untuk meredakan stres dan kecemasan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Aktivitas menonton film bisa dibilang menjadi hiburan dan terapi bagi banyak orang saat menerapkan anjuran stay at home yang bisa membantu membantu kita dalam meredakan stres dan kecemasan karena pandemi Covid-19.

Apalagi saat masa stay at home saat ini, aktivitas dan kegiatan kita hanya berkisar dari ruangan-ruangan di dalam rumah. Paling maksimal ke luar ke teras di sekitar rumah, itu pun kita tak berani berdekatan dengan orang lain.

Nah, menonton film atau serial drama merupakan cara aman untuk keluar dari rutinitas sehari-hari di rumah yang mungkin membosankan.

Berbagai karya sinematografi yang bagus juga bisa menjadi terapi ataupun distraksi dari situasi emosional ataupun kesedihan  yang tengah kamu rasakan.

BACA JUGA: Nih, Rekomendasi Film Berkelas Buat Ngabuburit

Film Sebagai Terapi untuk Meredakan Kecemasan

Beberapa terapis juga menggunakan jalan terapi sinema untuk membantu pasiennya mengenali dan mengatasi gejala kecemasan yang dirasakan.

Salah satunya terapis asal St.Louis, Missouri, AS, Laura Fonseca mengatakan, film dari masa kecil seseorang bisa menenangkan seseorang.

“Ketika mengalami sesuatu yang menyebabkan rasa cemas atau depresi, saya menyarankan remaja untuk menonton film favoritnya di masa kecil sebagai cara untuk tenang, rileks, dan sadar. Ini akan membantu remaja keluar dari ‘otak bawah’ ke ‘otak tinggi’ dan memproses pemicu stres itu ke keadaan yang tenang,” papar Fonseca.

Terapi sinema juga digunakan seorang terapis asal Atlanta,AS yakni Tamekis William. Menurutnya film bisa membantu kliennya kembali terhubung dengan dirinya yang nyata dan menghilangkan hambatan seperti depresi dan kecemasan, yang membuat mereka tidak bisa hidup sadar, sehat, dan bahagia.

William mencontohkan film Black Panther yang telah menginspirasi orang Afrika-Amerika usia remaja dan dewasa muda. “

Melihat perwakilan yang positif dari budaya asli mereka telah membuat mereka bangga dan memberi rasa percaya diri. Banyak yang bisa mengenali makna di balik jalan cerita dan karakter dalam film,” ujarnya.

BACA JUGA: Kamu Mudah Merasa Cemas? Jangan Tonton Sederet Film Ini!

Film Komedi Cocok Terapi

Salah satu genre yang disarankan  William untuk  ditonton adalah film seri komedi (sitcom) dan tayangan stand-up comedy.

“Tertawa akan melepaskan hormon endorphin sehingga program tayangan yang membuat kita tertawa sangat manjur mengurangi stress dan gejala-gejala depresi,” katanya.

Menonton film komedi juga akan mengurangi pikiran negatif, menekan perasaan terisolasi, dan membantu memberikan rasa normal.

BACA JUGA: Film Bertema Pendidikan Buat Selingan Study At Home 

Film-film yang menenangkan ternyata tidak harus film komedi. Bagi sebagian orang, film horror pun punya efek menghibur dan bikin tenang.

“Film horror bisa memberikan kelegaan bagi penonton. Teror yang ekstrem dari film membuat ketakutan kita yang sebenarnya menjadi terasa tak terlalu berat ditanggung,” kata ahli psikoanalisis Claudia Luiz.

Ada banyak judul-judul film yang bisa kita tonton untuk memberikan inspirasi, imajinasi membangkitkan mood, membuat kita tertawa dan sejenak melupakan situasi pandemi  Covid-19 yang tidak pasti kapan berakirnya. (Sbg/Rig)

Comments