Sejumlah penelitian menemukan hasil mengejutkan dimana kebiasaan menyaksikan film horor ternyata dapat membuat seseorang menjadi kurus alias langsing. (Foto: Imdb)
Sejumlah penelitian menemukan hasil mengejutkan dimana kebiasaan menyaksikan film horor ternyata dapat membuat seseorang menjadi kurus alias langsing. (Foto: Imdb)

Sabigaju.com – Kehadiran film horor The Nun disambut dengan gembira oleh para penggemar berat film horor di tanah air. Sejak menit awal, The Nun langsung membangkitkan rasa takut para penonton dengan tewasnya biarawati akibat diganggu kekuatan jahat.

Film garapan sutradara Corin Hardy ini bisa dibilang mencapai klimaks dalam menakuti para penonton. Kengerian The Nun semakin dikuatkan dengan memasukkan beberapa kepercayaan masyarakat sekitar terhadap kastil tua tersebut.

Pantauan Sabigaju saat menyaksikan film tersebut ditayangkan di bioskop tak sedikit penonton yang menutup mata bahkan hingga merinding saat menyaksikan berbagai adegan mengerikan dalam film tersebut.

Namun, apakah kamu tahu bahwa menonton film horor ternyata bisa membantumu menurunkan berat badan, Sob?

Kerap Nonton Film Horor Bisa Bikin Langsing?

Anggapan bahwa menonton film horor dapat menurunkan berat badan kedengarannya agak mustahil, atau bahkan terdengar seperti takhayul.

Namun, lewat studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Wesminster di Inggris, hal itu dibuktikan secara ilmiah. Dalam studi yang melibatkan 10 orang yang berbeda untuk menonton film horor pilihan.

Sosok Valak yang hadir dalam sosok biarawati dalam Film The Nun (foto IMDB)
Sosok Valak yang hadir dalam sosok biarawati dalam film The Nun (foto IMDB)

Para peneliti merekam detak jantung, oksigen yang dihirup, dan karbondioksida yang dikeluarkan. Hasilnya, mereka menemukan jumlah kalori yang dibakar meningkat dalam ketiga poin tadi saat film berlangsung.

Menurut spesialis metabolisme sel, Richard Mackenzie, salah seorang penliti yang terlibat dalam studi itu, mengatakan bahwa film seram membuat debaran jantung meningkat dan mempercepat proses pemompaan darah ke tubuh.

Akibatnya, adrenalin dalam tubuh jadi melonjak yang mengakibatkan nafsu makan menurun dan meningkatkan tingkat metabolik basal sehingga membakar kalori dalam jumlah banyak. Gila, beruntung deh bisa tahu fakta ini.

Agar kalori yang dibakar lebih maksimal, usahakan untuk menonton film seram tanpa menutup mata atau bersembunyi.

Kabar Gembira Lain buat Pecinta Film Horor

Selain itu kebiasaan menonton film horor ternyata bisa meningkatkan kepercayaan dirimu. Dilansir dari Livestrong, Glenn Sparks selaku profesor di The Brian Lamb School Of Communication at Purdue University mengatakan bahwa film horor membuatmu bisa ‘menaklukkan’ sesuatu yang menantang.

Beberapa orang mungkin merasa lebih baik setelah berhasil menghadapi ketakutan yang digambarkan dalam kebanyakan film horor.

Hal ini bisa membantu meyakinkanmu bahwa jika situasi mengerikan itu terjadi dalam kehidupan nyata, kamu mungkin akan bisa menghadapinya, karena terbiasa dan berpengalaman.

Kebiasaan menonton film seram juga bisa meningkatkan mood, menyingkirkan stres dan bahkan meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, Margee Kerr, sosiolog dan penulis dari Scream: Chilling Adventures In the Science of Fear menegaskan pada situs New York Times bahwa manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh para pecinta film seram.

“Perbedaan dari pemancar saraf dan hormon yang dilepaskan saat menonton bisa menjelaskan (meningkatnya mood). Ada sensasi bagus dari rasa sukses menyelesaikan sesuatu setelah berhasil menekan rasa takut pada saat menonton film seram atau melakukan hal yang memacu adrenalin, seperti bungee jumping,” tutupnya.

Yuk, mulai sekarang gak usah ketakutan apalagi berteriak saat menyaksikan film horor. Mari nikmati tanpa harus bersembunyi. Eits. singkirkan juga camilan tak sehat itu nanti malah gak jadi langsing! (Sbg/Rig)

Comments