Kedai Tak Kie yang berada di kawasan Gang Gloria, Glodok Jakarta menjajakan salah satu menu favorit yang digemari begitu banyak orang yakni Pioh. (Foto: Instgram)
Kedai Tak Kie yang berada di kawasan Gang Gloria, Glodok Jakarta menjajakan salah satu menu favorit yang digemari begitu banyak orang yakni Pioh. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Jakarta punya segudang tempat kuliner sederhana namun punya cita rasa bintang lima. Salah satunya berada di kawasan Glodok. Di daerah Glodok itu ada sebuah gang legendaris yang bernama Gang Gloria yang dikenal sebagai pusat kuliner klasik. Salah satunya adalah kedai kopi Tak Kie.

Kedai Tak Kie ini sudah berdiri sejak 1927 silam. Salah satu menu di kedai kopi ini yang banyak diminati adalah kuliner Pioh alias sop kura-kura. Sebenarnya jenis kura-kura yang di jadikan makanan adalah jenis kura kura sawah alias labi-labi.

Seperti apa kelezatan dari kuliner Pioh tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, Sob!

Lezatnya Kuliner Pioh di Kedai Tak Kie

Kuliner Pioh di warung kopi Tak Kie ini paling terkenal dari dulu sampai sekarang. Peminatnya enggak pernah sepi. Selalu laris manis. Buka sedari pagi pukul 6:30 WIB hingga jam 8 kurang biasanya Pioh sudah ludes terjual.  Nah, sebagai catatan kedai Kopi Tak Kie ini biasanya buka sampai dengan jam 2 siang saja setiap harinya.

Nah, kuliner Pioh yang dijual di kedai Tak Kie ada 3 macam. Original nya Pioh Tim. Kemudian ada juga Pioh obat dan Pioh Tauco. Kuliner tersebut dibanderol dengan harga di kisaran Rp 50 ribu per porsinya.

Bahan dasar Pioh adalah daging labi-labi yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bentuk sop.

Untuk kuliner Pioh kuah tauco menggunakan tauco sedangkan Pioh Tim tidak menggunakan bahan dasar tersebut.

Secara kasat mata kedua makanan ini dibedakan dari warna kuahnya. Pi-oh Tim memiliki kuah yang bening sedangkan Pioh Tauco kuahnya agak keruh. Pioh Tauco memiliki cita rasa yang agak asam, dagingnya terasa lembut seperti daging ayam.

Sementara bagian siripnya memiliki tekstur seperti bagian tulang lunak pada ayam, sementara bagian telapak kakinya memiliki tekstur yang sangat kenyal. Kebanyakan pengunjung lebih menyukai bagian sirip dan telapak kaki bulus

Pioh Lebih Nikmat Jika Pakai Cakwe

Untuk menikmati sup Pioh, sebaiknya kamu kudap bersama potongan Cakwe. Celup cakwe sebentar dalam sup, kemudian cocol di sambal encer yang tingkat kepedasannya sangat super, rasa akan sempurna bila tersedia daun ketumbar sesuai selera.

Di depan kedai Tak Kie juga berjejer penjual Pioh lainnya. Tapi soal rasa, enggak ada yg bisa menandingi Pioh di kedai Tak Kie. Para pembeli biasanya baru membeli Pioh di penjaja lain setelah Pioh yang dijajakan kedai Tak Kie habis terjual. (Sbg/Rig)

Comments