kesehatan reproduksi

Sabigaju.com – Jika berbicara mengenai masalah reproduksi, sebagian besar orang langsung berpikir pada alat reproduksi wanita. Kemungkinan besar hal ini disebabkan wanita yang berpengaruh besar terhadap keturunan. Jadi kesehatan alat reproduksi wanita selalu jadi fokus utama.

Padahal kesehatan reproduksi pria juga tidak kalah penting dari wanita. Apalagi cara untuk menjaga kesehatan reproduksi dengan baik dan benar juga patut diketahui. Para pria harus menjaga kesehatan alat reproduksi agar bisa menghasilkan sperma yang baik.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Menjaga Berat Badan Ideal

Untuk menjaga kesehatan rerpoduksi pria harus menjaga berat badan ideal. Pria yang obesitas memiliki peluang kecil untuk punya keturunan. Hal ini dikarenakan pria yang memiliki tubuh gemuk akan memiliki sel sperma yang kurang subur.

Hindari Minum Alkohol

Untuk menghindari gangguan kesehatan pada alat reproduksi pria, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol. Baik dalam kadar yang rendah maupun tinggi. Mengonsumsi alkohol akan menggangu sel sprema dan menurunkan kualitas sperma.

Menggunakan Celana Dalam yang Nyaman

Celana dalam juga mempengaruhi kesehatan organ reproduksi pria. Pilihlah celana dalam yang nyaman digunakan dari segi bahan hingga ukuran. Gunakan celana dalam yang longgar agar memberikan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, rutinlah mengganti celana dalam karena celana dalam yang berkeringat bisa menimbulkan bakteri.

Hindari Terpapar Racun dan Radioaktif

Tingkat kesuburan seorang pria akan berkurang jika terkan paparan racun dan radiokatif. Untuk menjaga kesehatan reproduksi pria hindari terkena racun seperti pestisida, timbal, dan merkuri.

Olahraga

Gaya hidup sehari-hari sangat berpengaruh dalam kesehatan organ reproduksi pria. Olahraga menjadi salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan reproduksi. Namun jangan olahraga yang berlebihan. Hormon teroid yang dikeluarkan dari olahraga yang berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan.

Menjaga  Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan yang sehat membantu kesehatan reproduksi pria untuk lebih baik. Mulailah mengonsumsi makanan sehat dan segar seperti lima porsi sayur dan buah tiap hari, karbohidrat, protein, serta daging rendah lemak.

Sunat

Jika kamu melakukan sunat itu sangat baik dalam menjaga kesehatan. Sunat akan membantu menghilangkan bakteri yang senang bersarang pada kulup penis. Sebuah penelitian menemukan kurang lebih ada 42 jenis bakteri yang terdapat pada kulit penis. Selain itu, manfaat lain dari sunat adalah dapat mencegah kanker penis, HIV, beberapa penyakit menular seksual hingga infeksi saluran kencing. Hingga WHO juga merekomendasikan sunat sebagai upaya pencegahan HIV.

Berhubungan Seks

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor mengatakan jika seorang pria tidak mengalami ereksi yang teratur, penis akan menyusut 1-2 cm dan tidak elastis. Maka dari itu, seks yang teratur bisa menjaga kesehatan reproduksi pria. Tapi jangan melakukan seks bebas ya sobat sabi. Karena seks bebas bisa menyebabkan penyakit kelamin.

Suhu

Untuk mendapatkan keturunan, jumlah dan kesehatan sperma sangat berpengaruh. Jumlah sperma sendiri ditentukan oleh suhu testis. Suhu tersebut harus lebih rendah dari suhu tubuh yakni sekitar 1-2 derajat atau 34,5 derajat celsius.

Itulah cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria. Menerapkannya lebih dini dapat menghindari gangguan kesehatan. Yuk, jangan sampai menyesal nantinya! (Sbg/Aq)

Comments